Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Air Katulampa Turun, Masyarakat Jakarta Tetap Diminta Siaga

Kompas.com - 06/02/2018, 10:28 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Ketinggian muka air di Bendung Katulampa, Bogor, terpantau mengalami penurunan, Selasa (6/2/2018).

Jika sebelumnya, Senin (5/2/2018), Katulampa berstatus Siaga 1 dengan ketinggian muka air mencapai 220 sentimeter, pagi ini turun berada di titik 70 sentimeter atau berstatus Siaga 4.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, sejak malam tadi, tinggi air memang sudah menurun. "Malam turun, tinggi air 90 sentimeter. Pagi ini baru turun lagi ke 70 sentimeter," kata Andi.

Meski begitu, ia tetap mengimbau masyarakat yang tinggal di sempadan Sungai Ciliwung tetap waspada mengingat intensitas hujan di hulu Ciliwung masih tinggi.

(Baca juga: Upaya Anies Lindungi Warga Jakarta dari Air Kiriman Katulampa... )

"Kami tetap imbau agar masyarakat, khususnya di Jakarta, tetap siaga dan waspada," ucapnya.

Sebelumnya, Bendung Katulampa menunjukkan status Siaga 1 setelah ketinggian muka air mencapai 220 sentimeter pada Senin (5/2/2018) pagi.

Hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor sejak Minggu (4/2/2018) malam membuat ketinggian air di Bendung Katulampa terus naik. Akibatnya, sejumlah wilayah di Jakarta pun terendam banjir. 

Kompas TV Anies memastikan bahwa puluhan pompa air berfungsi dan aktif. Anies juga mengatakan kemungkinan air banjir kiriman dari Bogor datang lebih cepat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com