Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Batam, Obat yang Mengandung DNA Babi Akan Ditarik BPOM

Kompas.com - 05/02/2018, 20:59 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengaku telah meminta kepada sejumlah distributor obat Viostin DS dan Enzyplex tablet untuk menarik produknya yang telah beredar, khususnya untuk wilayah Provinsi Kepri.

"Kami sudah lakukan imbauan dan menyurati distributor obat Viostin DS dan Enzyplex tablet di Kepri untuk menarik produknya. Hal ini dilakukan terkait hasil uji sampel suplemen keduanya, yang hasilnya ada DNA babi," kata Alex Sander, Kepala BPOM di Batam, Senin (5/2/2018).

Alex mengatakan, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan setelah isu ini muncul, yaitu terkait dua suplemen buatan PT Pharos Indonesia (PI) dan PT ML yang mengandung DNA babi.

"Sampai saat ini kami tetap melakukan pengawasan, dan jika ditemukan, langsung kami lakukan penarikan," ujar dia.

Baca juga: Suplemen Mengandung DNA Babi Lolos Beredar, Ini Penjelasan BPOM

Alex berharap agar sejumlah toko dan warung yang masih menjual kedua produk itu untuk memusnahkan atau mengembalikan ke produsennya karena status suplemen tersebut masih dilarang untuk beredar.

Sebelumnya diberitakan, produk Viostin DS dan Enzyplex tablet yang terindikasi mengandung DNA babi masih beredar di pasaran. Pihak produsen pun telah mengaku berupaya keras menarik semua produknya dari pasaran.

Kompas TV Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan surat keputusan terkait dua jenis suplemen yang mengandung DNA babi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com