Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL Tangkap 3 Pelaku Pengeboman Ikan di Perairan Palu

Kompas.com - 04/02/2018, 22:23 WIB
Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com – Tiga orang nelayan berinisial I, D, dan A diamankan Tim EFQR (Eastern Fleet Quick Response) Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu, Sulawesi Tengah. Tiga orang itu diamankan lantaran melakukan pengeboman ikan di perairan laut Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Palu, Sabtu (3/2/2018).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Kolonel Marinir Mikaryo Widodo menyampaikan, tiga orang tersangka pelaku itu kerap melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak untuk mendapatkan ikan dengan mudah dan cepat.

“Penangkapan ini dilakukan berdasarkan laporan dari Satgas Intel Lanal Palu, yang mendengar adanya bunyi dentuman bom di perairan tersebut, termasuk adanya keterangan Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMAWAS) Parigi Moutong bahwa sering terjadi penangkapan ikan dengan menggunakan pupuk matahari yang dijadikan sebagai bahan peledak,” kata Mikaryo, Minggu.

Menurut dia, tim EFQR Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu juga telah mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain ikan cendana sebanyak kurang lebih 50 kg, perahu kayu sepanjang 8 meter, mesin Honda 5.5 (ketinting ), kompresor, kacamata selam, kabel, toples, selang, sabun penutup botol, detonator, aki dan sumbu.

Baca juga : Pengeboman Ikan Marak di Perairan NTT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com