Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol, Warga Gelar Ronda Banjir Rob

Kompas.com - 04/02/2018, 20:04 WIB
Junaedi,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.COM – Warga kampung Appe, kelurahan Polewali di Polewali Mandar, Sulawesi Barat menggelar ronda banjir setiap malam untuk menjaga permukiman dan barang-barang mereka agar tidak terseret banjir rob.

Warga mengaku cemas akan banjir lantaran tanggul penahan ombak telah jebol di sana sini di sepanjang pesisir pantai perbatasan kelurahan Polewali dan desa Binuang.

Warga dusun Appe mengelar ronda sejak sore hingga malam.  Di dusun itu ada 22 unit rumah yang berbatasan langsung dengan tanggul.

Sejumlah rumah warga telah rusak dan miring akibat dihantam gelombang tinggi setiap hari, terutama menjelang petang hingga malam hari.

Baca juga : Gerhana Bulan, Banjir Rob Terjadi di Sejumlah Wilayah Jakarta Utara

Seorang warga kampung Appe, Firman, menyatakan banjir rob disertai gelombang tinggi setiap saat menghantam permukimannya. Ia berharap tanggul yang ambruk di sepanjang pantai agar segera dibangun kembali sehingga kawasan permukiman mereka tidak semakin tergerus.

“Warga sangat resah, tanggul sudah jebol di sana-sini dan butuh perbaikan agar warga di sepanjang pantai bisa hidup tenag,” kata Firman.

Warga lainnya, Fitma, sudah mengungsikan keluarga dan barang-barang miliknya ke tempat yang aman karena khawatir rumahnya yang berbatasan langsung dengan laut ambruk dihantam gelombang.

“Saya sudah ungsikan keluarga dan barang-barang saya karena takut rumahnya dihantam gelombang,” ujar Fitma.

Aparat pemerintah sudah meninjau kondisi permukiman dan tanggul sepanjang pesisir pantai yang jebol itu. Namun hingga kini belum ada upaya perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com