4 Jam, 15 Orang Dewasa Bertarung Tangkap Buaya - Kompas.com

4 Jam, 15 Orang Dewasa Bertarung Tangkap Buaya

Kompas.com - 03/02/2018, 23:07 WIB
Buaya muara yang ditangkap warga Mootinelo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR Buaya muara yang ditangkap warga Mootinelo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.


GORONTALO, KOMPAS.com – Sebanyak lima belas orang nelayan dan petani tambak berjuang selama empat jam menangkap seekor buaya sepanjang 3 meter lebih yang masuk ke dalam tambak udang.

Peristiwa ini terjadi di kawasan tambak udang Desa Mootinelo, Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Buaya itu kini ditempatkan di salah satu rumah warga.

“Warga mulai menangkap sekitar jam 20.00 Wita, buaya baru bisa ditangkap pukul 24.00 Wita, 4 jam lamanya warga beradu kuat dengan buaya,” kata Rustam Madi (32), warga Mootinelo, Sabtu (3/2/2018).

Sebanyak 15 orang dewasa terlibat dalam penangkapan binatang ini. Dengan menggunakan kayu dan tali mereka berusaha menaklukkan buaya ini. Beberapa kali warga berusaha menjerat mulutnya, tapi selalu gagal.

Meskipun malam telah larut warga tak surut mendesak buaya ini agar bisa diikat. Akhirnya upaya keras warga membuahkan hasil saat buaya mulai menyerah dan dapat diikat.

Warga mengetahui ada buaya masuk ke areal tambak pada Jumat (2/2/2018) sekitar pukul 18.00. Warga lalu bersepakat mengeluarkan air tambak untuk menangkap buaya itu.

Tidak mudah menangkap binatang ini meski air tambak sudah surut. Berbagai alat digunakan agar dapat menangkapnya.

Rustam menceritakan, warga yang rata-rata nelayan dan petani tambak ini sudah lama melihat buaya di laut atau tambak. Umumnya binatang ini berada di tambak saat mencari makan.

Buaya diperkirakan masuk ke dalam tambak saat petani mengairi tambak dengan air payau. 


EditorHeru Margianto
Komentar

Close Ads X