Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang Terjang Flores Timur, 243 Bangunan Rusak

Kompas.com - 03/02/2018, 19:33 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

LARANTUKA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang dalam pekan ini menyebabkan ratusan bangunan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) rusak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Flores Timur, Yohanes Bergmans Hayon mengatakan, jumlah bangunan yang rusak mencapai 243 unit.

Yohanes merinci, 243 bangunan yang rusak itu meliputi rumah warga sebanyak 161 unit, dapur 42 unit, WC dan kamar mandi 28 unit.

Selanjutnya sejumlah fasilitas umum meliputi satu kantor lurah (Kelurahan Lokea), podium lapangan sepak bola yang sedang digunakan untuk penyelenggaraan pertandingan liga 2 Piala Bupati Flores Timur.

"Adapun fasilitas umum yang rusak yakni rumah Pastoran Paroki Renha Rosari Larantuka dan tempat usaha berupa kios dan warung sebanyak delapan unit," ungkap Yohanes kepada Kompas.com, Sabtu (3/2/2018).

Baca juga : Angin Kencang Rusak Fasilitas Resort di Taman Nasional Kelimutu

Menurut Yohanes, sebagian besar bangunan yang rusak berada di Kecamatan Larantuka. Sedangkan dari luar Kota Larantuka, yakni dari Desa Nusadani, Kecamatan Solor Barat, Desa Muda Keputu, Kecamatan ILe Mandiri dan Desa Narasaosina dan Kelurahan Lamatwelu di Kecamatan Adonara Timur.

"Sebagian rumah yang rusak tersebut akibat tertimpa pohon yang tumbang. Kami juga masih terus melakukan pendataan di beberapa tempat lainnya," tutupnya.

Baca juga : Angin Kencang, Kantor Desa dan Sekolah di TTU Rusak

Kompas TV Hujan dan kekeringan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com