Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Keakraban Gus Ipul dan Emil Dardak Saat Gerhana Bulan

Kompas.com - 01/02/2018, 06:41 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bakal cagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan bakal cawagub Emil Elistyanto Dardak hadir dalam nonton bareng gerhana bulan di halaman Masjid Al-Akbar, Surabaya, Rabu (31/1/2018) malam. Keduanya terlihat akrab, bahkan bergantian mengintip gerhana bulan dari kamera pengamat.

Keduanya dalam satu panggung melihat gerhana melalui alat khusus yang disiapkan Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur. Gus Ipul datang lebih dulu, menyusul Emil Dardak bersama Arumi Bachsin, istrinya.

Seperti sejenak meninggalkan persaingan politik pada Pilkada Jatim, keduanya bergantian melihat gerhana bulan dari alat pengamatan khusus yang disediakan. Seusai melihat gerhana bulan, dua figur yang akan bertarung pada Pilkada Jatim itu langsung menuju masjid untuk mengikuti jemaah shalat gerhana bulan.

Gus Ipul mengaku tidak tahu bahwa Bupati Trenggalek dan istrinya itu juga shalat dan nobar gerhana bulan di Masjid Al-Akbar Surabaya.

"Kami ngobrol biasa saja, kami kan teman, sering ketemu juga," kata Gus Ipul.

Baca juga: Ada Nobar Gerhana Bulan di Masjid Al-Akbar Surabaya

Sementara itu, Emil Dardak mengaku bersyukur bisa melakukan shalat gerhana bulan berjemaah di Surabaya.

"Saya berterima kasih bisa shalat berjemaah di sini. Hari ini tadi kebetulan waktunya cocok," ujarnya.

Shalat dan nobar gerhana bulan diikuti ribuan warga Surabaya. Di Jawa Timur, proses gerhana bulan terjadi selama 3 jam 23 menit, yaitu dari pukul 18.48.22 sampai 22.11.11 WIB. Total durasi gerhana selama 1 jam 16 menit, yakni dari 19.51.42 sampai 21.07.51 WIB.

Kompas TV BMKG mengimbau warga di pesisir tak khawatir, tetapi tetap waspada mengantisipasi dampak gerhana bulan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com