Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Personel Gabungan Amankan Babak 8 Besar Piala Presiden 2018 di Solo

Kompas.com - 31/01/2018, 18:19 WIB
Labib Zamani

Penulis

Kompas TV Sriwijaya FC tetap fokus menatap babak 8 besar yang akan dipertandingkan pada awal bulan Februari .

SOLO, KOMPAS.com - Babak delapan besar Piala Presiden 2018 akan diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah. Laga ini akan berlangsung di Stadion Manahan Solo pada Sabtu-Minggu (3-4/2/2018).

Sebagai tuan rumah babak delapan besar Piala Presiden 2018, pengamanan ekstra ketat pun diberlakukan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta. Lebih kurang 2.000 personel gabungan akan diterjunkan guna mengamankan selama jalannya pertandingan.

"Lebih kurang 2.000 personel gabungan akan kita terjunkan ke Stadion Manahan untuk mengamankan jalannya pertandingan," kata Kabag Ops Polresta Surakarta, Kompol Arief Joko kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (31/1/2018).

Dalam melakukan pengamanan itu, Arief menambahkan, Polresta Surakarta akan dibantu personel dari polres jajaran di wilayah eks Karesidenan Surakarta. Pengamanan tersebut meliputi upaya pencegahan dengan menggelar pasukan kepolisian.

"Gelar pasukan (personel) bermacam-macam. Ada yang menyekat dan mengawal. Penyekatan dalam kota, lokasi-lokasi tertentu dan melakukan imbauan-imbauan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," ungkap Arief.

Baca juga : Bonek Diminta Sukseskan Piala Presiden 2018 di Surabaya

Arief mengatakan, malam ini akan dilaksanakan rapat bersama antara suporter sepak bola yang akan berlaga pada delapan besar Piala Presiden 2018 di Balai Persis Solo. Rapat tersebut terkait koordinasi untuk keamanan suporter.

Kendati pengamanan diperketat, pihaknya tetap mewaspadai tiga suporter dari Persija Jakarta (Jakmania), Arema Malang (Aremania) dan Persebaya (Bonek). Sebab, tiga suporter ketiga kesebelasan itu jumlahnya sangat banyak.

"Tiga kelompok suporter ini yang besar. Karena keamanan ada di kepolisian, maka kita tidak mau asal-asalan kan itu. Akan kita rapatkan," tandasnya.

Lebih jauh, pihaknya berharap, panitia penyelanggara laga delapan besar Piala Presiden 2018 bisa bekerja sama yang baik dengan kepolisian. Artinya, bukan hanya melihat dari pertandingannya, namun juga mempertimbangankan keamanannya.

"Sesuai perintah kapolresta Surakarta, pertandingan ini harus ada jeda waktu istirahat. Tidak selama dua hari berturut-turut. Ini dilakukan untuk keamanan dan mengantisipasi penumpukan suporter di Stadion Manahan. Aspek keamanan perlu dipertimbangkan, tidak main bola selesai pulang," bebernya.

Baca juga : Amankan Pembukaan Piala Presiden 2018, Polrestabes Bandung Siapkan 2.450 Personel

Adapun jadwal pertandingan babak delapan besar Piala Presiden 2018 adalah Persebaya vs PSMS 15.30 WIB dan Bali United vs Madura United 19.30 WIB pada Sabtu (3/2/2018). Kemudian Persija vs Mitra Kukar 15.30 WIB dan Arema FC vs Sriwijaya FC 19.30 WIB pada Minggu (4/2/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com