Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Optimistis Gus Ipul-Puti Dapatkan Suara Mayoritas di Gresik

Kompas.com - 30/01/2018, 22:03 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Ketua DPD Partai Perjuangan Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Gresik Siti Muafiyah mengaku cukup optimistis pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, mampu mendulang suara mayoritas dalam Pilkada Jatim di Kabupaten Gresik.

Acuan tersebut, sambung Muafiyah, didapat dari perolehan suara yang berhasil dikumpulkan partai yang dipimpinnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, ditunjang dengan beberapa indikator penunjang lainnya.

“Pemilu 2014 kemarin, PDI-P mendapatkan 172.000 suara, sehingga membuat kami mendapatkan enam kursi di DPRD Gresik. Sehingga kami cukup optimistis, pasangan Gus Ipul-Puti bakal memenangi Pilkada Jatim di Gresik,” tutur Muafiyah di kantor DPD PDI-P Gresik, Selasa (30/1/2018).

Keoptimisan itu juga didasari, pasangan Gus Ipul-Puti diusung PKB yang memiliki basis suara terbanyak dalam Pemilu 2014 di Gresik. Selain itu, pasangan ini diperkuat basis suara dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

(Baca juga : Pilkada Jatim, Gus Ipul Kontrak Khusus Via Vallen dan Nella Kharisma )

“Karena itu kami sangat yakin pasangan Gus Ipul-Puti bakal menang di Gresik, karena PKB juga punya suara bagus di sini (Gresik) pada Pemilu 2014 kemarin. Belum lagi ditambah dengan sumbangan suara dari para simpatisan PKS,” jelasnya.

Menurut data yang dilansir KPU Kabupaten Gresik, ada 1.251.754 warga yang berhak menyalurkan suaranya. Dengan rincian, 630.795 pemilih laki-laki dan 620.959 pemilih perempuan.

“Terlebih, selain sosok Gus Ipul yang sudah banyak dikenal di kalangan nahdliyin, kan sekarang ada Mbak Puti yang dianggap para pengikut setia PDI-P memiliki aura kuat Soekarno, yang sudah lama dirindukan," tuturnya.

"Jadi saya kira cukup layak jual lah pasangan ini, tinggal bagaimana kita untuk pintar-pintar mengelola dan menyiapkan strategi pemenangannya,” tambahnya.

Karena itu, PDI-P Gresik menyiapkan tiga bentuk strategi pemenangan. Mulai dari pemenangan bersama, pemenangan formal, dan pemenangan urgensi.

Untuk pemenangan bersama, PDI-P, PKB, dan PKS bakal bersinergi. Sementara pemenangan formal nantinya bakal diketuai partai masing-masing. Sedangkan urgensi melihat situasi dan kondisi yang berkembang di lapangan seperti apa.

"Jadi untuk teknisnya, mohon maaf itu rahasia kami dan tidak bisa kami beberkan kepada khalayak umum,” pungkasnya.

Kompas TV Penyanyi dangdut yang tengah naik daun dirangkul Gus Ipul untuk ikut mengampanyekan dirinya di Pilgub Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com