Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Masa Kecil Ganjar Pranowo Dibukukan dalam Novel

Kompas.com - 29/01/2018, 18:06 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Kisah masa kecil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibukukan. Buku berjudul "Anak Negeri" itu resmi dilaunching di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (29/1/2018).

Buku novel terbitan PT Gramedia Pustaka Utama yang terbit di penghujung akhir 2017 itu mengisahkan sosok Ganjar kecil. Buku dibagi menjadi beberapa babak.

Tiap babak menceritakan satu kisah panjang, kemudian menyambung dengan kisah lainnya. Lantaran berupa novel, penulisan cerita dikemas secara renyah dan menarik.

Penulis buku "Anak Negeri", Gatotkaca Suroso mengatakan, buku tentang masa kecil Ganjar ditulis selama dua tahun. Cerita masa kecil Ganjar diperoleh dari berbagai sumber, riset, hingga wawancara langsung dengan pria 49 tahun itu.

"Buku ini insipairasi anak muda. Beliau dilahirkan di tengah keluarga sederhana, tapi mampu sukses. Ini buku inspiratif," kata Gatotkaca.

(Baca juga : Ganjar Pranowo: Tolong Jangan Ada Fitnah, Hoaks, Bilang Program Saja )

Ganjar kecil, sambung Gatotkaca, dilahirkan di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Ayahnya seorang polisi, dan ibunya berprofesi ibu rumah tangga.

Keluarga kecil itu, lanjut dia, tinggal di rumah kecil nan sederhana. Kemudian, rumah itu dijual sebelum memutuskan pindah dari Karanganyar ke Kutoarjo, Purworejo.

"Buku ini ditulis selama dua tahun, saat istri saya mengandung," ujar penulis novel 'Jokowi si Tukang Kayu' tersebut.

Ganjar Pranowo yang hadir di lokasi mengamini apa yang ditulis Gatotkaca. Menurut dia, sebagian cerita yang ditulis dalam buku memuat cerita sebenarnya.

 

(Baca juga : Hadir Saat Pendaftaran Pilkada Jateng, Istri Ganjar Pranowo Dipanggil Bawaslu)

Menurut pria berambut putih ini, penulis buku menggambarkan kisahnya dengan renyah, sehingga bisa dibaca semua kalangan. "Buku ini enak dibaca, beda dengan buku pertama saya yang terlalu serius. Ini buku kedua yang menulis soal saya," ujar Ganjar.

"Sebagian buku isinya benar soal saya, sebagian lainnya ndak. Tapi cerita, background betul adanya," papar suami Siti Atiqoh ini.

Novel Anak Negeri diluncurkan di Dusun Sawit, Desa Kunti, Kecamatan Andong, Boyolali. Kesenian dari Komunitas Lima Gunung mengiringi pengenalan buku itu ke publik. 

Kompas TV Kami berbincang langsung dengan calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com