Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsat Apung di Ternate Diresmikan Kapolri dan Raih Rekor Muri

Kompas.com - 27/01/2018, 11:13 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Sebagai daerah kepulauan, warga Provinsi Maluku Utara kini mendapatkan kemudahan dalam pelayanan administrasi kendaraan, mulai membayar pajak dan mengurus STNK maupun BPKB.

Warga tidak lagi jauh-jauh ke polres maupun polda untuk melakukan pengurusan surat-surat kendaraan setelah Samsat Apung diresmikan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian di kawasan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara, Sabtu (27/1/2018).

Kapal yang merupakan kerja sama pihak Polda Maluku Utara, Pemprov, Jasa Raharja, BRI dan BNI, ini nantinya akan mendatangi warga di pulau-pulau seluruh wilayah Maluku Utara, khususnya daerah yang jauh dari polres maupun kantor Samsat.

“Saya sampaikan penghargaan kepada kapolda dan jaJaran dan stakeholder sehingga program ini dapat berjalan lancar dan di-launching hari ini, harapan saya kepada semua jajaran kepolisian untuk berikan pelayanan terbaik ke masyarakat, terutama masalah pelayanan, SIM, BPKB karena ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar,” kata Kapolri.

“Kalau di NTT ada SIM apung, tapi di sini lebih lengkap lagi, SIM, STNK dan BPKB,” kata Kapolri lagi.

Baca juga : Mobil Mewah Menunggak Pajak, Samsat Tagih ke Rumah

Kapolri mengatakan, Samsat Apung ini menguntungkan semua pihak, mulai dari masyarakat hingga pemangku kepentingan yang ada di samsat.

Diharapkan Samsat Apung ini memberikan kemudahan kepada warga sehingga terjalin hubungan yang lebih baik antara pemerintah dengan masyarakat.

“Dan, mudah-mudahan dengan pajak meningkat melalui mekanisme ini, aparat memberikan masukan bagi pemerintah sehingga memiliki ruang fiskal lebih besar dalam rangka membuat program untuk kesejahteraan publik di Maluku Utara," harap Kapolri.

Sebagai Samsat Apung pertama di Indonesia, kantor ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Penghargaan diterima langsung Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Achmat Juri, kepala Jasa Raharja dan perwakilan BRI.

Baca juga : Layanan Samsat Jatim Bisa Diakses Lewat Android

Usai menyampaikan sambutan, Kapolri bersama rombongan menyempatkan diri melihat dan meninjau Samsat Apung.

Kompas TV Razia pun sempat diwarnai isak tangis pengendara yang tak terima kendaraannya ditilang polisi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com