Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Obat RSUD di Batam Kosong, Gubernur Kepri Antarkan Langsung Bantuan Obat

Kompas.com - 25/01/2018, 08:09 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Kosongnya stok obat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menuai keprihatinan pemerintan Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun membawa langsung 26 coli obat-obatan dari berbagai jenis ke rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Nurdin menyatakan, apapun untuk kepentingan masyarakat harus segera dicarikan solusinya. Jangan sampai kebutuhan masyarakat seperti obat terputus.

"Obat ini bukan bantuan, ini tugas dan tanggung jawab kita semua, Saya bilang ke kadis Kesehatan Provinsi untuk segera mendata obat apa aja yg diperlukan RSUD Embung Fatimah," kata Nurdin Basirun, Rabu (24/1/2018) sore kemarin.

Pria kelahiran Pulau Subi Bawah atau lebih dikenal Pulau Moro ini mengatakan, pihaknya mengakui bantuan obat-obatan untuk RSUD Embung Fatimah tidak banyak. Tapi setidaknya bantuan itu bisa meringankan Pemkot Batam dalan pengadan obat dan pelayanan kepada masyarakat, apaladi RSUD ini merupakan rumah sakit rujukan yang tentunya stok obat harus selalu ada dan tidak boleh kosong.

Nurdin menjelaskan 26 coli obat-obatan itu terdiri dari paracetamol tablet 500 mg sebanyak enam coli, Simvastatin 10 mg empat coli, Amlodipin 5 mg satu coli dan Ambroxol syp enam coli.

Baca juga : Gubernur Kepri Terharu, Pulau Kelahirannya Kini Terang Benderang

Kemudian Ibuprofen tablet 200 mg satu coli, Ibuprofen tablet 400 mg dua coli, Metformin 500 mg empat coli serta obat-obat campuran sebanyak dua coli. Jadi total seluruhnya ada 26 coli.

"Obat-obatan yang diberikan ini memang berdasarkan permintaan RSUD Embung Fatimah, dan ke depan masih ada obat-obatan yang akan diserahkan kepada RSUD di Batam ini," terang Nurdin.

Usai menyerahkan obat-obatan, Nurdin meninjau sejumlah ruang perawatan, seperti instalasi gawat darurat (IGD) dan ruang poli. Nurdin sempat ke ruang pendaftaran. Ada dialog-dialog yang dilakukan Nurdin dengan pasien. Dalam tinjauan itu, Nurdin juga meminta agar pihak rumah sakit terus melakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Perlu keikhlasan dan kesabaran dalam melayani masyarakat, bukan hanya obat yang menyembuhkan, senyum dan layanan yang baik akan menjadi sugesti untuk membantu kesembuhan pasien," kata Nurdin.

Baca juga : Adik Kandung Mantan Gubernur Kepri Dilantik Jadi Wakil Gubernur

Sekda Kota Batam, Jefridin yang menyambut kedatangan gubernur Kepri mengucapkan terima kasih atas bantuan obat-obatan untuk RSUD Embung Fatimah.

"Bantuan ini sangat membantu sekali, apalagi saat ini stok obat-obatan di RSUD memang lagi perlu penambahan agar pemberian pelayanan kepada pasien bisa terus maksimal," kata Jefriden.

Di sela-sela menemani gubernur meninjau lokasi rumah sakit, Jefriden berpesan kepada perawat agar selalu tersenyum dan ikhlas memberikan pertolongan dan perawatan kepada pasien.

Kompas TV Di Lebak Banten lebih dari 1.000 rumah rusak akibat gempa. Rumah-rumah ini tersebar di 13 kecamatan. Saat ini warga mulai memperbaiki tempat tinggal mereka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com