Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Es dan Angin Kencang, 21 Rumah di Magelang Rusak Tertimpa Pohon

Kompas.com - 24/01/2018, 19:19 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mencatat, sedikitnya 21 rumah, satu tugu, dan satu bangunan TK rusak tertimpa pohon tumbang ketika hujan es dan angin kencang melanda wilayah ini, Rabu (24/1/2018).

Kepala Pelaksana BPBD Edi Susanto menyebutkan, paling banyak, rumah yang terdampak berada di Kecamatan Candimulyo, Mertoyudan, dan Mungkid.

Di Kecamatan Candimulyo, sebanyak 11 rumah, tersebar di Dusun Jetis, Desa Tampir Kulon dan Dusun Marangan, Desa Podosoko.

"Kemudian di Kecamatan Mertoyudan ada 7 rumah dan satu TK, tersebar di Desa Mantenan, Danurejo, Sukorejo, dan Dampit," ujar Edi, Rabu sore.

(Baca juga : Hujan Es dan Angin Kencang Landa Magelang, Sejumlah Pohon Tumbang )

Adapun di Kecamatan Mungkid sebanyak 3 rumah dan 1 tugu, tersebar di Desa Blondo.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa siang tadi. Namun kami imbau masyarakat untuk waspada karena cuaca ekstrem bisa sewaktu-waktu terjadi," imbau Edi.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Heri Prawoto mengaku telah menangani titik-titik yang terdampak hujan es dan angin kencang,

Pihaknya telah mengerahkan dua tim, masing-masing beranggotakan 6 personel. Tim tersebut untuk menangani titik-titik lokasi terdampak baliho dan pohon tumbang yang menimpa rumah dan bangunan.

"Petugas kami bagi dua tim. Satu tim mengatasi pohon tumbang di Blondo, Kecamatan Mungkid, dan satu tim lainnya di Tampir, Kecamatan Candimulyo," jelas Heri.

(Baca juga : Hujan Es Guyur Magelang, Kok Bisa Terjadi? )

Menurutnya, sasaran utama penanganan adalah pohon maupun baliho tumbang yang menimpa rumah maupun bangunan lainnya. Sehingga, warga bisa secepatnya menempati rumah mereka kembali jika tidak mengalami kerusakan parah.

"Untuk jumlah laporan yang masuk ada banyak, tapi kita terus upayakan penanganan. Kejadian menurut laporan ada di Kecamatan Mungkid, Mertoyudan, Candimulyo, dan sebagian wilayah Kota Magelang," tuturnya.

Heri menjelaskan, penanganan ditargetkan bisa selesai hari ini. Namun, Damkar masih akan menunggu instruksi lebih lanjut dari BPBD Kabupaten Magelang.

Diberitakan sebelumnya, hujan lebat disertai es dan angin kencang melanda wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, Rabu siang. Sejumlah pohon, baliho, dilaporkan roboh di berbagai titik. 

Kompas TV Media lokal melaporkan, beberapa wilayah mengalami banjir dan pemadaman listrik akibat badai es ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com