Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Es dan Angin Kencang Landa Magelang, Sejumlah Pohon Tumbang

Kompas.com - 24/01/2018, 16:09 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Sebagian besar wilayah Kabupaten dan Kota Magelang, Jawa Tengah, diguyur hujan lebat disertai es dan angin kencang pada Rabu (24/1/2018) siang.

Pantauan Kompas.com, hujan es terjadi di sepanjang Jalan Sarwo Edhi Wibowo dan di Jalan Magelang-Yogyakarta, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Hujan juga hampir merata di Kota Magelang.

Banyak pengendara bermotor yang tiba-tiba berhenti lantaran jarak pandang terbatas dan menghindari terjangan butiran es.

Dahan-dahan pohon peneduh di pinggir jalan banyak yang patah, antara lain terpantau di Jalan Sarwo Edhi Wibowo, depan Bank Bapas 69, Kabupaten Magelang; dan di Jalan Jenderal Sudirman, dekat Hotel Atria, Kota Magelang.

Agus, warga Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, mengatakan, hujan es terjadi sekitar 10 menit. Ketika itu, dia sedang mengendarai sepeda motor dari Mertoyudan ke arah Kantor Pemerintah Kota Magelang atau Jalan Sarwo Edhi Wibowo.

"Saya sedang naik motor dalam perjalanan dari Mertoyudan mau ke Kota Magelang. Kondisi memang sudah hujan deras disertai angin, tiba-tiba di tengah perjalanan tangan saya sakit, ternyata terkena butiran es," ujar Agus, Rabu siang.

Baca juga: Ambo Tang Tewas Tertimpa Pohon Kelapa yang Tumbang Disapu Angin Kencang

Nunung Nurjanah, warga Desa Japunan, Kecamatan Mertoyudan, menuturkan, hujan menyebabkan genangan air di depan rumahnya yang merupakan jalan utama Magelang-Yogyakarta. Akibatnya, terjadi kemacetan lalu lintas, baik dari Magelang ke Yogyakarta maupun arah sebaliknya.

"Genangan air kira-kira semata kaki orang dewasa, lalu lintas depan rumah macet. Hujan juga masih deras," ujar Nunung.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto mengungkapkan, dari laporan sementara, hujan lebat disertai es dan angin kencang melanda Kecamatan Mertoyudan.

"(Hujan es) sebagian besar melanda sekitar Mertoyudan dan sekitarnya, laporan sementara begitu," ujar Edi.

Hujan lebat disertai es dan angin kencang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2018).Dok Relawan Magelang Hujan lebat disertai es dan angin kencang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (24/1/2018).

Edi merincikan, laporan hingga Rabu sore hujan es melanda Jalan Mayjen Bambang Soegeng (Jalan Magelang-Yogyakarta). Beberapa papan reklame roboh, pohon-pohon di sekitar Kampus Seminari dan Desa Blondo tumbang.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di Desa Tampir, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, serta di Desa Jogonegoro dan Desa Dampit, Kecamatan Mertoyudan, dan lainnya.

"Kami sudah kerahkan petugas untuk mengondisikan. Kami imbau masyarakat untuk waspada," kata Edi.

Hingga berita ini ditayangkan, hujan lebat masih melanda wilayah Kabupaten dan Kota Magelang. Beberapa pohon tumbang di Jalan Sarwo Edhi, Kabupaten Magelang, dan Jalan Jenderal Sudirman sudah ditangani petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com