Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Pasang Capai 1,4 Meter Saat "Supermoon", BMKG Imbau Warga Pesisir Waspada

Kompas.com - 23/01/2018, 11:03 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Saat supermoon atau gerhana bulan total (GBT) terjadi pada 31 Januari 2018 mendatang, pasang air laut dapat mencapai 1,4 meter. Dengan begitu, masyarakat yang berada di pesisir pantai diimbau waspada.

Imbauan itu disampaikan Kepala Bidang Observasi BBMKG Wilayah IV Makassar, Ikhsan saat dikonfirmasi, Selasa (23/1/2018). Menurut Ikhsan, ketinggian pasang air laut di setiap wilayah berbeda tergantung karakteristik pesisir pantai.

"Namun untuk di Makassar, itu pasang maksimum 1,4 meter. Apakah dapat menyebabkan banjir rob, tergantung karekteristik pesisirnya apakah landai atau tidak. Namun rata-rata di Makassar tidak landai dan potensi banjir rob yang saya maksudkan di sini yang sebabkan oleh fenomena supermoon," katanya.

Fenomena alam yang terjadi pada bulan purnama adalah kenaikan pasang air laut dan itu dapat menyebabkan banjir rob. Potensi banjir rob yang diakibatkan oleh fenomena supermoon diprediksi akan berlangsung mulai 29 Januari hingga 2 Februari.

Baca juga : BMKG Minta Warga Waspadai Potensi Banjir Saat Supermoon

"Kami hanya mengimbau kepada masyarakat yang berada di daerah pesisir untuk waspada akan potensi banjir rob. Mengingat Makassar merupakan wilayah pesisir, pasang maksimum akibat fenomena supermoon tanggal 31Januari mendatang," imbaunya.

Kompas TV Pasukan Orange melakukan penumpukan karung untuk menghalau air laut masuk ke rumah warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com