Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intensitas Hujan Tinggi, Beberapa Embung di NTT Jebol

Kompas.com - 22/01/2018, 22:30 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KUPANG, KOMPAS.com - Beberapa embung atau tempat penampungan air di dua kecamatan di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), jebol akibat intensitas hujan yang tinggi di wilayah itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sabu Raijua, Nikodemus N Rihi Heke, mengatakan, embung yang rusak itu terjadi di Kecamatan Hawu Mehara dan Kecamatan Sabu Tengah.

"Embung yang jebol di Desa Ramadue dan Peedarro (Kecamatan Hawu Mehara) dan Desa Eilode (Kecamatan Sabu Tengah)," kata Nikodemus kepada Kompas.com, Senin (22/1/2018) malam.

Menurut Nikodemus, embung yang jebol tersebut akibat kelebihan volume air menyusul intensitas hujan yang tinggi di wilayah itu.

Baca juga: Bocah Kelas Dua SD Tewas Tenggelam di Embung

Bahkan, lanjutnya, embung tersebut airnya keluar dari bentangan embung. Pembuangan di embung pun tidak mengeluarkan air secara penuh.

Saat ini, kata Nikodemus, masyarakat sekitar yang bermukim di dekat embung sedang berupaya membuat penahan dengan karung yang berisi pasir agar air tidak habis.

"Ada beberapa bendungan yang sudah kami bendung dengan cara manual, yakni kami isi tanah atau pasir di dalam karung, lalu kami palang," ucapnya.

Pemerintah daerah, tutur Nikodemus, juga mengharapkan agar masyarakat secepatnya membantu menanam pohon untuk bisa membantu menahan erosi.

Kompas TV Banjir berhasil merendam 4 kecamatan dan 20 rumah rusak parah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com