Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tanjung Pinang, Kondisi Kesehatan 3 Pasangan Bakal Calon Dinyatakan Baik

Kompas.com - 19/01/2018, 20:02 WIB
Hadi Maulana,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, hasil tes kesehatan terhadap ketiga pasangan bakal calon peserta Pilkada Kota Tanjungpinang 2018 dinyatakan baik dan tidak ada masalah.

"Hasil tes kesehatan dari Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Bakal Calon, dr Azwar, yang diterima KPU Kota Tanjungpinang di RSUD Raja Ahmad Thabib Kota Tanjungpinang dinyatakan baik dan sama sekali tidak ada masalah," kata Robby Patria, Jumat (19/1/2018).

Robby mengaku tidak ada catatan khusus yang diberikan Tim Pemeriksa Kesehatan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang. Bahkan, dinyatakan memenuhi syarat bertarung pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018.

Menurut Robby, untuk jumlah kursi, di sejumlah dapil di Tanjungpinang akan mengalami perubahan, mulai dari pengurangan kursi hingga pertambahan kursi. Seperti jumlah kursi Daerah Pemilihan (Dapil) Tanjungpinang Timur, pada Pemilu 2019 akan bertambah dari sebelumnya 11 kursi menjadi 12 kursi. Perubahan juga terjadi pada Dapil Tanjungpinang Barat Kota, di mana dapil ini akan mengalami pengurangan satu kursi, dari 11 kursi menjadi 10 kursi.

"Penambahan kursi Dapil Tanjungpinang Timur ini disebabkan jumlah penduduk (pemilih) bertambah sehingga menyedot kursi Dapil Tanjungpinang Barat dan Kota," terang Robby.

Baca juga: Kepala BNNK Tanjungpinang Turun Langsung Lakukan Tes Narkoba

Bahkan, wacana penambahan Dapil Tanjungpinang Timur ini didasari atas SK KPU RI No 14/PR.03-1-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk untuk penatan Dapil. Namun, penambahan kursi Dapil Tanjungpinang Timur dan pengurangan kursi di Dapil Tanjungpinang Barat Kota ini tidak berpengaruh pada jumlah kursi parlemen di DPRD Kota Tanjungpinang.

"Jumlah kursi yang akan diperebutkan pada Pemilu 2019 mendatang masih tetap 30 kursi seperti pada pemilu lalu karena jatah di Dapil Kecamatan Bukit Bestari masih tetap, yakni berjumlah delapan kursi. Setelah rapat dengan berbagai phak, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kesbangpol, semua camat di Tanjungpinang, Kabag Pemerintahan, Panwas, tadi malam, maka KPU akan melakukan uji publik melibatkan parpol, akademisi, sebelum usulan tersebut disampaikan ke KPU RI untuk ditetapkan melalui KPU Provinsi," tutur Robby.

Kompas TV Tiga pasang bakal calon menjalani pemeriksaan kesehatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com