Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda Ini Ditemukan Tewas usai Mencuri Kotak Amal di Masjid

Kompas.com - 19/01/2018, 17:04 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SANGGAU, KOMPAS.com - Seorang pria berinisial RA diketahui tewas usai mencuri kotak amal di Masjid Amalu Solihin yang terletak di Dusun Wonosari, Desa Sukamulya, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (18/1/2018) malam.

Kepala Polsek Parindu, Iptu Haryanto menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, RA bersama seorang rekannya berinisial PA diketahui mencuri kotak amal masjid pada Kamis malam.

Hal tersebut berdasarkan pengakuan penjaga masjid yang juga saksi mata yang mendengar ada suara mencurigakan di samping masjid sekitar pukul 23.00 WIB.

Penjaga masjid itu kemudian keluar dan melihat tersangka PA keluar dari luar toilet dan berlari meninggalkan tempat tersebut.

"Kamis malam usai kejadian, petugas piket penjagaan Polsek Parindu mendapatkan informasi melalui telepon bahwa di Masjid Amalu Solihin telah terjadi pencuian. Menindaklanjuti informasi tersebut, anggota piket yang jaga langsung mendatangi TKP," ujar Haryanto, Jumat (19/1/2018) sore.

Saat tiba di TKP, ujar Haryanto, polisi mendapati barang bukti berupa kotak amal berada di dalam toilet atau sudah berpindah dari tempat semula. Sedangkan untuk tersangka PA, saat itu sudah diamankan warga.

"Sedangkan tersangka RA sudah berada di rumah dalam keadaan meninggal dunia," ungkapnya.

Baca juga : Curi Kotak Amal di 11 Masjid untuk Booking PSK dan Foya-foya

Sementara itu, saksi lainnya berinisial SL mengatakan bahwa ia diberi tahu oleh penjaga masjid terkait adanya aksi pencurian. SL kemudian melihat tersangka PA keluar dari rumah dekat masjid dan langsung mengamankan pelaku.

"Saksi SL kemudian mengamankan pelaku dan dibawa ke masjid untuk diinterogasi dan dari hasil interogasi, pelaku mengaku telah mencuri kotak amal," kata Haryanto.

Saksi lainnya berinisial IS mengatakan, ia mendapat informasi aksi pencurian dari SL dan mencari tersangka lainnya, yaitu RA. Pada saat melakukan pencarian di depan masjid menggunakan senter, IS melihat seorang berpakaian warna hitam sedang berada di kebun dalam posisi terbaring miring.

“Merasa penasaran, IS kemudian memanggil rekanya WS dan JY untuk memastikan orang tersebut dan setelah didekati dan dilihat ternyata tersangka RA sudah dalam keadaan meninggal dunia,” papar Haryanto.

Baca juga : Residivis Pencuri Kotak Amal Masjid Ditangkap Usai Mencuri Dompet

Melihat tersangka sudah meninggal dunia, ketiga saksi ini kemudian memberitahukan hal tersebut ke kepala desa setempat. Kepala desa kemudian memanggil pihak keluarga RA dan jenazah kemudian dibawa pulang kerumah.

"Berdasarkan keterangan dan hasil pemeriksaan dari petugas kesehatan di rumah duka, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan, dan hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa tersangka meninggal akibat serangan jantung," jelasnya.

Kompas TV Seorang residivis ini mengaku butuh uang untuk makan sehingga nekat mencuri kotak uang musala.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com