Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Aman, NTB Tidak Membutuhkan Beras Impor

Kompas.com - 19/01/2018, 06:18 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menilai beras impor belum perlu masuk ke daerah lumbung padi tersebut.

Sebab, stok beras NTB hingga lima bulan ke depan aman. Harga beras di pasaran pun masih di bawah harga eceran tertinggi (HET). 

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) NTB, Achmad Makmun mengatakan, ketersediaan beras di 16 gudang Bulog NTB mencapai 25.000 ton. 

“Berarti sampai Mei, masih ada stoknya. Saat ini jumlahnya 25.000 ton. Rata-rata salur 4.000 ton, kemudian sisanya untuk cadangan untuk operasi pasar,” kata Makmun, Kamis (18/1/2018).

(Baca juga : Stok Beras Melimpah, Bulog Sulsel Tolak Beras Impor)

Selain itu, NTB akan segera memasuki panen raya. Dari data Dinas Pertanian NTB yang diperolehnya, masa panen masih terus belanjut, dan puncaknya akan terjadi pada Maret. Karena itu pihaknya tidak mengkhawatirkan ketersediaan beras untuk NTB. 

Berdasarkan catatan Bulog, dalam 10 tahun terakhir, NTB menjadi 5 daerah terbesar pemasok pangan nasional. Produksi NTB di 2017 lalu surplus, sebanyak 21.000 ton beras. NTB pun berhasil mengirim beras ke Bali dan NTT.

Jumlah ini, sambung dia, di luar data pengiriman pedagang antar pulau. Makmun menyebutkan, tak ada sejarahnya NTB terima impor beras.

Meskipun sekali waktu persediaan terganggu karena NTB terlalu banyak mengirim ke luar daerah saat musim tanam bulan Desember-Januari.

Makmun menilai, impor beras adalah kebijakan pusat untuk menjaga stok beras nasional. Namun itu tidak berpengaruh bagi masyarakat NTB.

Apa yang dikatakan Makmun memang terlihat di sejumlah pasar tradisional di Pulau Lombok, khususnya di Kota Mataram. masyarakat masih bisa menentukan pilihan akan membeli beras jenis apa yang sesuai dengan uang di kantong mereka.

“Kalau saya sih cari yang berasnya pulen tapi murah, kalau duit kurang ya beli yang medium yang harganya murah,” kata Holida, warga Mataram.

(Baca juga : Anggota DPD Minta Kepala Daerah Tolak Beras Impor )

Pedagang beras di Pasar Kebon Roek Ampenan, menawarkan sejumlah pilihan beras pada pembeli, mulai dari Rp 8.200/kg untuk beras medium dari Bulog hingga beras premiun seharga Rp 11.500/kg, dan C4 super yang harganya Rp 11.000/kg.

Harga tersebut mengalami kenaikan Rp 1.000/kg, karena memasuki musim penghujan.

Kepala Dinas Pertanian NTB, Husnul Fauzi menjelaskan, NTB belum perlu beras impor. Karena Januari ini, 114 hektar sawah di NTB siap panen. Sisanya, 30.000 ha akan panen di bulan Maret. 

"Akan ada 500.000 ton beras di akhir Maret untuk wilayah NTB. Jadi masih aman untuk mencukupi kebutuhan 4,5 juta penduduk NTB,” tutur Husnul.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com