Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Ingatkan Bupati, Waspadai Kapal Asing di Batang

Kompas.com - 18/01/2018, 16:22 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BATANG, KOMPAS.com - Bupati Batang Wihaji mengaku diingatkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengenai keberadaan kapal asing di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan Susi saat bertemu di Istana Negara, Rabu (17/1/2018).

“Saya mendapatkan pesanan khusus dari Bu Menteri Susi Pudjiastuti yang dianggap atau diduga ada kapal asing berada di Kabupaten Batang,” kata Wihaji, Kamis (18/1/2018).

Dia juga mengatakan, akan segera mengecek kapal–kapal yang ada di Kabupaten Batang setelah mendapatkan laporan tersebut.

“Bu Susi Pudjiastuti melarang keras keberadaan kapal asing yang ikut mencari ikan di laut Indonesia dan kalau memang ada, akan ditenggelamkan, untuk itu akan kami cek keberadaan kapal asing yang diduga ada di Batang,” ungkap dia.

Wihaji menambahkan, di Kabupaten Batang, ada galangan kapal yang memang membuat pesanan kapal dari pihak asing.

Namun, Susi menegaskan bahwa itu adalah kapal asing. Jika pihaknya menemukan kapal asing yang ikut menangkap ikan di Batang, Wihaji diminta untuk segera melaporkannya.

“Kami punya data nelayan sebanyak 11.750 orang dengan jumlah armada penangkapan ikan sebanyak 887 kapal yang terdiri dari ukuran kurang dari 6 GT sebanyak 614 kapal, ukuran 6GT-10 GT sebanyak 14 kapal, ukuran 10 GT-30 GT sebanyak 231 kapal, ukuran 30 GT lebih sebanyak 28 kapal,” ungkap Wihaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com