Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus Tes Kesehatan, 4 Pasang Kandidat Pilkada Sulsel Diminta Perbaiki Visi dan Misi

Kompas.com - 17/01/2018, 22:12 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Setelah diperiksa kesehatan dan administrasi, empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan 2018 dinyatakan lulus oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel.

Hal tersebut disampaikan salah satu komisioner KPU Sulsel, Misna M Attas saat menggelar rapat pleno terbuka bersama seluruh komisioner KPU Sulsel lainnya dan perwakilan seluruh pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel di kantornya, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (17/1/2018).

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, semua pasangan bakal calon dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023," kata Misna.

Misna melanjutkan, kesimpulan soal kesehatan para pasangan bakal calon merupakan hasil pemeriksaan kesehatan pekan lalu. Hasil pemeriksaan kesehatan melampirkan laporan tertulis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Baca juga : Syahrul Yasin Limpo Tolak Jadi Jurkam Adiknya di Pilkada Sulsel

Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief menambahkan, dari hasil penelitian administrasi diputuskan bahwa empat pasangan bakal calon Pilkada Gubernur Sulsel mesti memperbaiki naskah pandangan visi dan misi terhadap Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Naskah perbaikan wajib disetorkan antara 18 hingga 20 Januari 2018.

"Perbaikan naskah, menyangkut keseragaman format standar dari Kementerian Dalam Negeri. KPU telah menyertakan contoh format untuk perbaikan, sehingga naskah yang telah ada tinggal disesuaikan. Kami ingin memudahkan masyarakat membaca visi dan misi kandidat, karena dokumen ini akan kami buka di situs KPU," jelasnya.

Diketahui, empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur akan meramaikan Pilkada Sulsel. Mereka antara lain pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-Andalan), Nurdin Halid-Azis Qahhar Mudzakkar (NH-Azis), Ichsan Yasin Limpo-Andi Musakkar (IYL-Cakka), dan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL).

Baca juga : Ichsan Yasin Limpo-Andi Musakkar Resmi Daftar Pilkada Sulsel

Pasangan NA-Andalan diusung empat partai, yakni PDI-P, PAN, PKS dan PSI. Sedangkan pasangan NH-Azis diusung lima partai, yakni Partai Golkar, NasDem, Hanura, PKB dan PKPI. Sementara NH-Azis juga didukung oleh PPP kubu Djan Faridz.

Pasangan IYL-Cakka maju lewat jalur perseorangan atau independen. Meski ikut Pilkada Sulsel melalui jalur perseorangan, IYL-Cakka mendapat dukungan dari Partai Demokrat dan PPP. Terakhir, pasangan Agus-TBL diusung tiga partai, yakni Partai Gerindra, PPP dan PBB.

Kompas TV Nurdin dan Andi Sudirman sudah diumumkan jadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel oleh PDIP.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com