Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Bupati Tojo Una-una: Tidak Ada Pulau yang Dijual

Kompas.com - 17/01/2018, 19:37 WIB
Erna Dwi Lidiawati

Penulis


PALU, KOMPAS.com – Nama Pulau Tojo Una-una mendadak jadi perbincangan. Ini gara-gara pulau itu masuk di laman privateislandonline.com, situs web yang menjual dan menyewakan pulau-pulau yang ada di dunia. Dari situs inilah nama Pulau Tojo Una-una mencuat. Namun, tidak disebutkan harga jual dari pulau tersebut.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola saat dihubungi Kompas.com sempat merasa kaget dan mengatakan tidak ada nama Pulau Tojo Una-una.

“Yang di dalam foto di dalam situs privateislandonline.com itu namanya Pulau Tanjung Kramat di Kepulauan Togean yang berada di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una. Pulau itu dulu dikelola oleh Mr Luca, tapi sekarang sudah tidak lagi,” kata Gubernur Longki melalui pesan singkat, Rabu (17/1/2018).

Baca juga: Luhut: Masak Pulau Diperjualbelikan, Enggak Bolehlah!

Sementara itu, Wakil Bupati Tojo Una-una Admin AS Lasimpala yang berada di Palu mengatakan bahwa tidak ada jual beli pulau di Kabupaten Tojo Una-una. Menurut dia, dulu ada sebuah pulau yang namanya Tanjung Kramat yang digunakan oleh orang asing untuk usaha pariwisata.

“Ketika dikasih izin, dia bikin cottage di situ, tapi sekarang sudah ditinggalkan. Jadi tidak benar itu ada pulau di wilayah Tojo Una-una dijual,” ujar Wabup Admin.

Kompas TV Tapi, dari gudang pendingin berkapasitas 200 ton yang sudah ada, 70 nelayan binaan hanya mampu mengisinya sebesar 120 ton.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com