Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kematian 3 Bocah di Jombang Masih Misterius

Kompas.com - 17/01/2018, 12:14 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com - Penyebab kematian tiga bocah di Jombang masih misteri. Sebelumnya, polisi menduga 3 bocah yang ditemukan tewas di kamar mandi bersama ibunya yang kini kritis di rumah sakit, karena meminum racun serangga.

Berdasarkan hasil sementara dari otopsi, ketiga anak itu tewas karena kehabisan napas. Namun polisi belum dapat memastikan penyebab kematian tiga bocah asal Dusun Sambilanang, Desa Karobelah, Mojoagung, Kabupaten Jombang itu karena cairan obat nyamuk atau faktor lain.

Tim medis RSUD Jombang, dr Heri Wibowo mengatakan, hasil otopsi tim medis RS Bhayangkara Kediri bisa saja menyebut ketiga korban meninggal mati karena kehabisan napas. Namun faktor utama penyebab tewasnya tiga bocah malang itu masih harus ditelusuri lebih jauh.

“Karena untuk mengetahui korban tewas akibat racun atau bukan, butuh penyelidikan medis yang benar-benar sesuai,” kata dr Heri kepada SURYA.co.id, Rabu (17/1/2018).

(Baca juga : Polisi Duga Asmara Jadi Motif Ibu dan 3 Anaknya Minum Racun Serangga)

Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Jombang ini mengungkapkan, dari kaca mata medis, racun dalam tubuh mampu membuat seseorang kehabisan napas. Tapi itu membutuhkan proses cukup panjang.

“Kalau racun sudah masuk ke seluruh sel, bisa memutus oksigen. Dengan begitu, korban akan kehabisan oksigen kemudian meninggal. Prosesnya lumayan lama, tapi juga tergantung dosis racun yang masuk. Semakin besar, semakin cepat,” tuturnya.

Diperlukan tindakan medis mendalam guna mengetahui penyebab pasti kematian korban. Salah satunya mengecek kondisi lambung dan ginjal ketiga bocah tersebut.

“Jika lambung terdapat kandungan racun, kemudian di ginjal ditemukan kandungan racun yang cukup dan sesuai dengan kandungan racun serangga yang ditelan, kemungkinan besar ketiganya meninggal karena racun. Demikian juga sebaliknya,” jelasnya.

Namun jika tidak, harus ada observasi lebih lanjut. Karena berbagai faktor masih mungkin terjadi. “Misalnya, korban terlebih dahulu meninggal karena kehabisan napas baru kemudian diberi minum racun serangga,” jelasnya.

(Baca juga : Ibu Kritis dan 3 Anaknya Tewas di Kamar Mandi, Diduga Minum Racun)

Selain itu juga harus dilihat ada tanda-tanda luar atau tidak. Misalnya bekas cekikan, atau dibekap hingga kehabisan napas dan meninggal dunia.

“Yang disampaikan kepolisian hasil sementara. Perlu ada kejelasan penyebab kematian korban,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Sambilanang, Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, digegerkan penemuan jenazah tiga anak kecil di dalam kamar mandi.

Ketiganya ditemukan bersama ibunya, yang masih bernapas namun dalam kondisi kritis. Di samping para korban, terdapat botol racun hama baygon. Ketiga bocah itu. Ketiga bocah yang tewas itu SA (7), BV (4) dan UF (4 bulan).

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Misteri Kematian 3 Bocah yang Minum Racun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com