Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi Pemuda Rote Ndao Kritik Istri Bupati karena Ikut Pilkada

Kompas.com - 16/01/2018, 20:35 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Pemuda Revolusi Rote Ndao (PRRN) Semy Balukh mengatakan, saat ini telah terjadi politik dinasti di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu menyusul majunya Paulina Bullu menjadi bakal calon bupati Rote Ndao periode 2019-2024. Paulina adalah istri dari Bupati Rote Ndao saat ini, Leonard Haning.

Bupati Rote Ndao Leonard Haning bakal mengakhiri jabatannya pada 2019 dan sudah dua periode memimpin wilayah paling selatan Indonesia itu.

"Bupati Haning sedang berupaya mempertahankan kekuasaannya di Rote Ndao dengan mendorong istrinya Paulina Bullu menjadi calon bupati Rote Ndao periode 2019-2024. Cara ini adalah upaya membangun dinasti politik di Rote Ndao," kata Semy kepada Kompas.com, Selasa (16/1/2018).

Padahal, lanjut Semy, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah memberi peringatan terkait praktik politik dinasti di daerah.

"Menurut saya, ini praktik politik yang tidak baik karena dinasti cenderung korup dan diskriminatif dalam mengelola pemerintahan. Ini sudah ada peringatan KPK," sebut Semy.

Praktik dinasti politik, lanjut Semy, telah mengebiri nilai-nilai demokrasi karena cenderung menghalalkan segala cara untuk meraih kekuasaan.

Baca juga: Inilah Daftar 43 Pasangan Calon Gubernur dan Bupati di NTT

Oleh karena itu, praktik ini harus ditolak di Kabupaten Rote Ndao yang juga tergolong daerah tertinggal.

Terlebih lagi, tambah Semy, di Rote Ndao banyak sekali terjadi penyimpangan keuangan daerah, yakni penggunaan anggaran tanpa melalui persetujuan DPRD.

"Apakah kita mau lanjutkan praktik seperti ini, sementara angka kemiskinan di sana masih 28 persen. Masih tinggi. Pembangunan tidak berjalan dengan baik," ucapnya.

Untuk diketahui, Paulina Bullu berpasangan dengan Stefanus Saek yang merupakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao.

Pasangan calon ini didukung dua parpol, yakni Nasdem dan Golkar. Langkah Paulina mulus melenggang ke bursa cabup lantaran suaminya, Leonard Haning, menjabat sebagai Ketua DPC Nasdem Rote Ndao.

Kompas TV Di segmen Rumah Pilkada ini kami memperkenalkan kepada Anda calon-calon peserta Pilkada 2018 dari berbagai daerah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com