Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lingkar Prabumulih Rusak Parah, Kapolres Berharap Segera Diperbaiki

Kompas.com - 16/01/2018, 14:03 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

PRABUMULIH, KOMPAS.com - Jalan lingkar Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, sepanjang 23 kilometer yang masuk kategori jalan nasional kondisinya rusak parah. Lubang berukuran besar dan lebar banyak terdapat di sejumlah titik sehingga pengendara harus ekstra hari-hati saat melintas jika tidak ingin kendaraannya terbalik.

Dari pantauan, lubang besar dan lebar banyak terdapat di jalan tersebut. Sejumlah kendaraan truk yang melintas terlihat berhati–hati saat melalui jalan yang kerusakannya cukup parah tersebut. Jika tidak hati-hati, kendaraan itu bisa saja terbalik.

Kerusakan jalan itu, menurut Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti yang memeriksa jalan tersebut, Selasa (16/1/2018), sudah berlangsung lebih dari setahun. Akibat kondisi jalan rusak itu, aktivitas transportasi di jalur tersebut sering terhambat.

“Padahal, jalan itu merupakan jalur utama bagi kendaraan angkutan, seperti truk batu bara dan kayu log dari dan akan ke Palembang maupun sebaliknya,” katan Andes.

Baca juga: Fadli Zon Kritik Pemprov Jabar terkait Jalan Rusak di Parung Panjang

Selain itu, jalan tersebut merupakan jalur ekonomi utama warga setempat karena di sisi kiri dan kanan jalan terdapat kebun karet warga yang merupakan mata pencarian utama warga setempat.

Kapolres Andes Purwanti menambahkan, kondisi jalan yang rusak itu juga berdampak pada meningkatnya tingkat kriminalitas di lokasi tersebut.

“Yang paling tinggi adalah terjadinya tindakan pungutan liar atau pungli oleh orang tak bertanggung jawab terhadap kendaraan yang melintas. Untuk mengatasinya, anggota Polres Prabumulih saya perintahkan untuk berpatroli setiap hari baik siang atau malam,” ujar dia.

Andes berharap pihak pemerintah pusat dapat segera memperbaiki jalan tersebut agar kembali lancar dan tindak kriminal dapat dikurangi.

Sementara itu, sejumlah anggota Satlantas Polres Prabumulih terlihat berupaya melakukan penimbunan terhadap jalan yang rusak parah dan berlubang cukup dalam itu.

Kompas TV Puluhan sopir pengangkut air di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, terpaksa membenahi jalan yang berlubang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com