Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepergok Berduaan di Kebun Rambutan, Pasangan Kekasih Ini Dinikahkan

Kompas.com - 16/01/2018, 09:29 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com — Sepasang kekasih di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dinikahkan secara adat di hadapan penghulu dan aparat kepolisian. Mereka dinikahkan setelah tepergok berduaan di kebun rambutan.

Kedua mempelai yang dinikahkan adalah Manai (20) dan Sugiani (19). Mereka tepergok berduaan di kebun rambutan di Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sabtu (6/1/2018). 

Saat itu, keduanya nyaris menjadi bulan-bulanan warga. Hingga akhirnya keluarga Sugiani nekat menyerang keluarga Manai lantaran dinilai telah melanggar adat yang disebut "siri".

"Masalah ini adalah masalah siri (hukum adat). Kalau tidak ditangani dengan baik, akan berakibat malapetaka karena berkaitan dengan harga diri sebuah keluarga," kata Jafar Daeng Talli, Kepala Desa Belapunranga.

(Baca juga: Langgar Hukum Adat, Satu Rumah di Jeneponto Dibakar Massa )

Kasus asusila yang nyaris berujung bentrok antarkeluarga ini berhasil didamaikan aparat kepolisian. Dengan difasilitasi aparat kepolisian bersama pemerintah desa, kedua belah pihak sepakat menikahkan keduanya.

Pernikahan keduanya pun berlangsung secara sederhana di rumah mempelai wanita yang dihadiri aparat kepolisian dan sejumlah perangkat pemerintah desa pada Senin (15/1/2018).

"Kami memiliki program problem solving. Tujuannya, menciptakan ketertiban masyarakat dengan cara pendekatan secara persuasif dan pencegahan konflik sejak dini," kata AKP Abdul Majid, Kepala Kepolisian Sektor Parangloe.

Kompas TV Uniknya lagi, penyerahan formulir pendafatarn dilakukan secara akad ijab kabul.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com