Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doddy Riyadmadji Dilantik sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Barat

Kompas.com - 15/01/2018, 19:07 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

 

PONTIANAK, KOMPAS.com - Doddy Riyadmadji dilantik sebagai penjabat Gubernur Kalimantan Barat menggantikan Cornelis yang habis masa jabatannya pada 14 Januari 2018.

Doddy dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Dilansir dari siaran pers Biro Humas Provinsi Kalbar, Doddy Riyadmadji merupakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri dan pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan Kemendagri.

Pelantikan Doddy ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/P/2018 tertanggal 12 Januari 2018.

"Saya percaya Saudara akan laksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tugas yang diberikan," kata Tjahjo Kumolo seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (15/1/2018) sore.

Baca juga: Pilkada Kalbar, Karolin Tepis Isu Politik Dinasti

Pada tahun 2018, Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan enam Pilkada Serentak, yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Barat, Pilkada Pontianak, serta Pilkada Kubu Raya, Mempawah, Sanggau, dan Kayong Utara.

Mantan Gubernur Kalbar, Cornelis, berharap Doddy bisa menjalankan tugas dan kewajibannya memimpin Kalbar hingga kepala daerah hasil Pilkada Kalbar 2018 terpilih dan dilantik.

"Mudah-mudahan penjabat sukses memimpin Kalbar yang luasnya satu setengah Pulau Jawa. Letak lautnya juga sangat strategis, berhadapan dengan Laut China Selatan, Malaysia," ucap Cornelis.

Cornelis juga mengimbau jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) provinsi dan kabupaten/kota di Kalbar untuk bekerja sama dengan penjabat gubernur karena penjabat gubernur adalah wakil pemerintah pusat.

"Bupati, wali kota, dan SKPD agar taat dan patuh pada penjabat gubernur. Beliau wakil pemerintah pusat di daerah. Saya juga siap membantu untuk hanya sekadar memberikan masukan,” ujar Cornelis.

Pelantikan penjabat gubernur juga dibarengi dengan serah terima jabatan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kalbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com