5 Perempuan Bertarung Dalam Pilkada Serentak di Sulut - Kompas.com

5 Perempuan Bertarung Dalam Pilkada Serentak di Sulut

Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol
Kompas.com - 14/01/2018, 09:18 WIB
Salah satu kandidat perempuan dalam Pilkada di Sulut 2018, Sri Wahyumi Manalip yang maju sebagai Calon Bupati Kepulauan Talaud.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Salah satu kandidat perempuan dalam Pilkada di Sulut 2018, Sri Wahyumi Manalip yang maju sebagai Calon Bupati Kepulauan Talaud.

MANADO, KOMPAS.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dihelat 2018 di Sulawesi Utara sangat menarik. Pasalnya ada lima perempuan yang ikut bertarung merebut suara rakyat.

Di Sulut sendiri, ada enam daerah yang akan menggelar pilkada, yakni Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Di Talaud, petahana Sri Wahyumi Manalip maju kembali melalui jalur perseorangan. Sri dalam beberapa hari terakhir menjadi perhatian luas, karena dinonaktifkan oleh Mendagri dari jabatannya sebagai Bupati. Sebabnya adalah, Sri ke luar negeri tanpa izin.

Sri berpasangan dengan Gunawan Talanggoran untuk bersaing dengan 3 pasang kandidat lainnya di Talaud.

Baca juga: Gara-gara ke Luar Negeri, Bupati Cantik Talaud Dinonaktifkan Mendagri

Selain Sri, ada Clartje Silvia Awulle yang maju pada posisi papan dua (calon wakil bupati) berpasangan dengan Handri Piter Poae juga dari jalur perseorangan.

Dari Sitaro, istri Bupati Tonny Supit, Evangelian Sasingen maju pada posisi papan satu (calon bupati) berpasangan dengan John Palandung. Eva telah mendampingi suaminya yang menjabat dua periode Bupati Sitaro. Pasangan Eva - John akan bertarung dengan 3 pasang kandidat lainnya.

Eva yang diusung Partai PDI-P akan berhadapan dengan sesama perempuan, Siska Salindeho yang juga di papan satu berpasangan dengan Gernimus Makainas. Salindeho - Makainas maju lewat jalur perseorangan.

"Kami didukung ribuan warga Sitaro," ujar Siska, Minggu (14/1/2018) di sela-sela pemeriksaan kesehatan di Manado.

Baca juga: Bupati Cantik Ini Pernah Kursus Kecantikan hingga ke Shanghai

Siska adalah Wakil Bupati Sitaro saat ini. Dia mendampingi Tonny Supit, suami Eva.

Perempuan lainnya adalah Tatong Bara yang juga maju di papan satu berpasangan dengan Nayodo Koerniawan. Tatong adalah petahana. Dia merupakan Wali Kota Kotamobagu saat ini. Pasangan ini didukung oleh Partai PAN, Golkar, PDI-P, Demokrat, Gerindra, PKB, PKS, dan Nasdem.

Di Sulawesi Utara bisa dibilang perempuan banyak yang berkiprah sebagai kepala daerah. Minahasa Selatan misalnya, dipimpin oleh Tetty Paruntu. Bupati cantik ini juga menjadi Ketua DPD Golkar Sulut.

Kemudian ada Vonnie Panambunan, sosok perempuan tangguh yang menjadi Bupati Minahasa Utara. Selain itu ada Yasti Mokoagow yang menjadi Bupati Bolaang Mongondow saat ini.

Akankah mereka yang maju dalam Pilkada 2018 ini akan menambah jumlah perempuan di jajaran kepala daerah di Sulut? Menarik untuk ditunggu.

Kompas TV Pilkada Serentak 2018 diramaikan dengan hadirnya para kandidat yang tergolong muda usia. Mereka tak gentar bersaing menjadi gubernur dan wakil gubernur.

PenulisKontributor Manado, Ronny Adolof Buol
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM