Sedang Mencari Burung, Dua Pria Malah Bertemu Harimau Sumatera - Kompas.com

Sedang Mencari Burung, Dua Pria Malah Bertemu Harimau Sumatera

Kontributor Bengkulu, Firmansyah
Kompas.com - 14/01/2018, 07:22 WIB
Harimau Sumatera di LebongScreenshot Youtube Harimau Sumatera di Lebong

BENGKULU, KOMPAS.com — Riki Prawiraatmaja (30), warga Kelurahan Pasar Muara Aman, dan Roby Sandra (35), warga Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu (13/1/2018), bertemu harimau sumatera saat mencari burung.

Bertemunya dua pria itu dengan harimau tepatnya di kawasan hutan tak jauh dari lokasi obyek wisata Air Putih, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

"Saat itu kami menjerat burung di hutan. Mata kami fokus ke atas melihat ke dedaunan dan ranting pohon. Namun, karena capek, leher saya ganti lihat ke bawah. Nah saat itulah saya lihat ada seekor harimau sumatera," ujar Riki.

Posisi harimau dengan dirinya berjarak sekitar 3 meter sebelah kanan. Harimau sebesar anak sapi itu terlihat dalam kondisi kurus dan letih.

Baca juga: Tiga Harimau Berkeliaran di Wilayah Tambang Batubara

"Kami hanya terduduk ketakutan, harimau melihat kami, tetapi ia pergi menjauh dengan tertatih-tatih. Saya menduga harimau itu sakit," sebut Riki.

Meski dalam kondisi ketakutan, Riki sempat merekam video harimau tersebut selama 19 detik.

Ketakutan karena berjumpa harimau Riki menghubungi masyarakat desa terdekat menggunakan ponsel meminta bantuan evakuasi.

"Kami telepon kawan dari desa untuk menjemput kami. Setelah mereka datang, barulah kami berani pulang. Kami tidak berani pulang karena jalan pulang kami merupakan jalan yang digunakan harimau saat menghilang," ujarnya.

Riki berharap instansi berwenang dapat mengevakuasi harimau yang diduga sakit tersebut agar tidak mati atau menjadi sasaran empuk pemburu.


PenulisKontributor Bengkulu, Firmansyah
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM