Sudirman Said: Pendengaran Saya Dicek supaya Mendengarkan Aspirasi Rakyat - Kompas.com

Sudirman Said: Pendengaran Saya Dicek supaya Mendengarkan Aspirasi Rakyat

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Kompas.com - 13/01/2018, 17:07 WIB
Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said (tengah) dan Ida Fauziah (kedua kiri), Wasekjen PKB Daniel Johan (kiri), Ketua DPP PKB Marwan Jafar (kedua kanan) dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) melakukan deklarasi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Jawa Tengah yang diusung Partai PKB di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Selasa (9/1/2018). Pasangan tersebut akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah pada 10 Januari 2018 sebagai syarat untuk mengikuti pemilihan kepala daerah Jawa Tengah.ANTARA FOTO/RENO ESNIR Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said (tengah) dan Ida Fauziah (kedua kiri), Wasekjen PKB Daniel Johan (kiri), Ketua DPP PKB Marwan Jafar (kedua kanan) dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) melakukan deklarasi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Jawa Tengah yang diusung Partai PKB di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Selasa (9/1/2018). Pasangan tersebut akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah pada 10 Januari 2018 sebagai syarat untuk mengikuti pemilihan kepala daerah Jawa Tengah.

SEMARANG, KOMPAS.com – Bakal calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said mengaku santai mengikuti tes kesehatan hari kedua di RS Kariadi Semarang, Sabtu (13/1/2018).

"Dari seluruh tes, sejak awal memang tidak ada masalah. Jantung baik, hati juga jauh lebih baik," kata Sudirman kepada awak media.

Adapun, pasangan bakal calon yang mendaftar di Pilkada Jawa Tengah mengikuti tes kesehatan sejak Jumat (12/1/2018). Di hari kedua ini, pasangan calon dites kesehatan jasmani dan rohani. Tes dilakukan secara tertulis dan wawancara.

Sudirman menceritakan, ia dan pesaingnya, Ganjar Pranowo berada di ruang yang sama saat pelaksanaan tes tertulis. Suasana berjalan normal layaknya menggarap soal ujian.

Baca juga: Sudirman Said Mengaku Ongkos Ikut Pilkada Jateng Mahal

"Tadi ngerjain tes bareng, tetapi enggak saling contek," ujarnya.

Selain itu, ia mengaku diperiksa dari ujung kaki hingga ujung kepala saat tes kesehatan jasmani. Pemeriksaan juga dilakukan menyeluruh hingga organ dalam.

Sudirman optimis akan lolos seleksi tes kesehatan.

"(Diperiksa) lengkap dari jempol kaki sampai atas. Dari jantung, paru, napas, gigi mulut, THT (telinga, hidung, tenggorokan). Pendengaran dicek supaya mendengarkan aspirasi rakyat," kata Sudirman. 

Baca juga: Pilkada Jateng, Ganjar Pranowo Head to Head dengan Sudirman Said

Sementara itu, bakal calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga terlihat santai saat diperiksa dokter. Ganjar menyempatkan bersepeda sebelum menjalani tes kesehatan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu mengatakan, tes kesehatan yang dijalani tahun ini lebih banyak ketimbang tes kesehatan pada Pilkada 2013.

"Lebih banyak dari tahun 2013 lalu, ini semua dicek. Cukup panjang dan butuh waktu. Tadi pas selesai, saya tanya dokter, jawabnya sehat," tuturnya.

Kompas TV Calon Gubernur Jawa Tengah Jalani Tes Kesehatan

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Semarang, Nazar Nurdin
EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM