Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Calon Tunggal, Petahana di Pilkada Pasuruan Fokus Ajak Warga ke TPS

Kompas.com - 11/01/2018, 15:32 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, hanya diikuti oleh pasangan calon tunggal. Sebab, sampai masa pendaftaran ditutup, hanya ada pasangan calon yang mendaftar, yakni pasangan Irsyad Yusuf-Mujib Imron (Adjib)

Pasangan itu diusung oleh hampir seluruh partai pemilik kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan. Yaitu PKB, Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, PKS, Partai Hanura dan PDI Perjuangan. Dengan demikian, hanya tersisa satu partai yang belum menentukan pilihan, yakni Partai Demokrat.

Namun jumlah kursi Partai Demokrat tidak memenuhi untuk mengusung pasangan calon sendiri. Alhasil, pasangan calon yang sudah terdaftar akan melawan kotak kosong saat hari pencoblosan nanti.

"Iya hanya ada satu pasangan," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, Insan Qoriawan melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2018).

Sementara itu, Irsyad Yusuf tidak mau gegabah meski menjadi calon tunggal. Irsyad yang posisinya sebagai petahana mengaku akan tetap maksimal menjalankan segala tahapan yang ada di KPU.

Baca juga : Ini 3 Pasangan Bakal Calon yang Daftar Pilkada Kota Kediri

Selain itu, pihaknya juga akan fokus melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan untuk berpartisipasi sebagai pemilih.

"Calon tunggal itu belum berarti sudah selesai proses pilkada itu. Calon tunggal memang tidak ada lawannya. Tapi tetap saya bersama partai-partai nanti mengimbau untuk melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS menyukseskan proses demokrasi itu," katanya di sela pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Kamis (11/1/2018).

Baca juga : Pilkada Garut Diramaikan Petahana, Dua Mantan Bupati dan Satu Sekda

Dikatakannya, suksesnya Pilkada bukan dilihat dari jumlah calonnya. Melainkan dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih.

Kompas TV PDIP merayakan ulang tahun ke - 45 yang bertepatan dengan gelaran Pilkada Serentak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com