Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pasangan Bakal Calon Siap Bersaing, KPU Tanjungpinang Verifikasi Berkas

Kompas.com - 11/01/2018, 09:21 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang saat ini tengah melakukan verifikasi berkas ketiga pasangan bakal calon (balon) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tanjungpinang. Dengan dilakukannya verifikasi berkas balon ini, maka pada Pilkada Tanjungpinang ada tiga pasangan balon yang siap bersaing.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, tiga pasangan balon ini yaitu Syahrul-Rahma (Sabar), Lis Darmansyah-Maya Suryanti, dan Edi Safrani dan Edi Susanto.

Untuk pasangan Syahrul-Rahma, Syahrul sendiri diusung Partai Gerindra, sedangkan Rahma diusung Partai Golkar. Pasangan ini juga didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara Lis Darmansyah-Maya Suryanti (Lima) diusung PDI Perjuangan. Pasangan ini juga didukung partai koalisi, yaitu Partai Hanura, Demokrat, PAN, PKPI, dan PPP.

"Sedangkan Edi Safrani dan Edi Susanto merupakan pasangan perseorangan atau pasangan independen yang mendapatkan dukungan dari 15.000 warga Tanjungpinang," kata Robby Patria.

Baca juga: Berubah Jadwal, Pasangan Edi Safrani-Edi Susanto Pilih Daftar Lebih Dulu ke KPU Tanjungpinang

Robby, begitu sapaan akrabnya, mengatakan, jika setelah dilakukannya verifikasi berkas dan ternyata ada beberapa berkas yang dianggap tidak lengkap atau kurang, maka pasangan tersebut dipersilakan untuk memperbaikinya, paling lambat tanggal 18-20 Januari 2018, sesuai waktu perbaikan.

"Tidak itu saja, masing-masing balon akan menjalani tes kesehatan dan psikologi pada tanggal 12-14 Januari 2018. Bahkan untuk tes kesehatan ini akan dilakukan oleh dokter spesialis serta tes narkoba," terang Robby.

Selanjutnya, pada tanggal 12 Februari 2018 baru akan dilakukan pengumuman penetapan balon mana saja yang akan lolos dan tidak lolos menjadi calon.

Kompas TV Simak perbincangannya dengan peneliti Litbang Kompas, Sultani.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com