Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reog Meriahkan Pendaftaran Kandidat Perempuan pada Pilkada Pangkal Pinang

Kompas.com - 10/01/2018, 13:35 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Kesenian tradisional reog Ponorogo memeriahkan pendaftaran satu-satunya kandidat perempuan pada Pilkada Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Endang Kusmawati sebagai bakal calon wali kota berpasangan dengan Ismiyardi di posisi wakil wali kota datang ke kantor KPU Pangkal Pinang pada Rabu (10/1/2018) sekitar pukul 10.00 WIB dengan diiringi puluhan anggota tim sukses.

Pertunjukan reog Ponorogo menjadi hiburan bagi warga yang tinggal di sekitar kantor KPU, termasuk para tim sukses yang memadati lokasi. Beberapa di antara penonton menggunakan reog untuk berswafoto.

Tim sukses memilih kesenian reog Ponorogo karena dianggap sebagai warisan budaya asli Indonesia yang patut dilestarikan.

Adapun pasangan Endang-Ismiyardi yang disingkat “Eksis” diusung empat partai politik, yakni Golkar, PAN, Demokrat, dan PKB.

Baca juga: Dodi Reza dan Giri Diusung Tiga Partai di Pilkada Sumsel

Berkas pendaftaran yang diserahkan partai pendukung dinyatakan memenuhi syarat dengan masa perbaikan hingga tanggal 18 Januari 2018.

Pasangan Eksis yang melakukan pendaftaran menggunakan seragam kuning emas berencana membangun Pangkal Pinang dari berbagai sektor dengan menonjolkan peran kaum perempuan.

“Secara pribadi, saya menganggap ini sebagai pengabdian. Kami ingin sesuatu yang belum ada bisa dibangun di Pangkal Pinang. Apalagi menyangkut kebutuhan masyarakat akan diprioritaskan,” kata Endang kepada Kompas.com, seusai proses pendaftaran di KPU.

Ketua KPU Pangkal Pinang M Yusuf mengatakan, Endang-Ismiyardi merupakan pasangan ketiga yang mendaftar sebagai kontestan Pilkada 2018. Sebelumnya pada Senin (8/1/2018), dua pasangan calon telah mendaftar, yakni M Akil – Sopian dan Saparudin – Edison.

Kompas TV Ada kekhawatiran angka golput tinggi karena calon tidak populer.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com