Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Balon Ali-Sakti Diperiksa Kesehatannya 8 Jam di RSUP NTB

Kompas.com - 10/01/2018, 06:34 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTB, Ali bin Dachlan dan Gede Sakti atau Ali-Sakti, menjalani pemeriksaan kesehatan di Gedung Graha Mandalika Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB, Selasa (9/1/2018).

Ali-Sakti menjalani pemeriksaan selama delapan jam. Mereka diperiksa tim dokter independen yang ditunjuk KPUD NTB. Pemeriksaan berjalan lancar di bawah penjagaan ketat aparat Polres Mataram dan Polda NTB. Jurnalis pun hanya diizinkan mengambil gambar pada saat kedatangan pasangan calon dan setelah pemeriksaan berakhir.

“Ini harus steril, kami diperintahkan menjaga pemeriksaan paslon, harus steril,” kata Kompol Taufik, Kabagops Polres Mataram.

Ali tampak mengenakan baju biru dan celana training biru. Biasanya dia mengenakan kacamata hitam, tetapi kali ini dia tak mengenakan kacamata andalannya itu selama pemeriksaan berlangsung.

Adapun Ali dan Sakti diperiksa secara terpisah. Pemeriksaan dilakukan menyeluruh, baik fisik maupun psikis.

Baca juga: Masih Kurang 101.026 KTP, Calon Independen Ali-Sakti Daftar ke KPU NTB

Direktur RSUP NTB dr Hamzi Fikri mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap paslon akan dilakukan pada 8 hingga 15 Januari.

“Mereka diperiksa oleh tim dokter independen yang tergabung dalam organisasi profesi, seperti Ikatan Dokter Indonesia dan Himpunan Psikolog Indonesia, yang melakukan pemeriksaan dan tes kejiwaan. Jadi agar mereka benar-benar sehat jasmani dan rohani,” kata Fikri.

Dia juga mengatakan bahwa hasil pemeriksaan akan dibahas salam rapat pleno dan kemudian diserahkan kepada KPUD.

Kompas TV Calon kepala daerah di tingkat provinsi yang mendaftar melalui calon perseorang mengalami penurunan di Pilkada Serentak 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com