Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Penuhi Syarat Pencalonan, Pasangan HEBAT Tetap Daftar ke KPU Maluku

Kompas.com - 09/01/2018, 23:01 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon Gubenrur dan Wakil Gubernur Maluku dari jalur independen Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) ikut mendaftar ke KPU Provinsi Maluku, Selasa (9/1/2018), meski tidak memenuhi syarat pencalonan.

Sebagai calon dari jalur independen, syarat dukungan yang mesti diserahkan ke KPU adalah 122.894 dukungan. Pasangan HEBAT hanya membawa 71.485 KTP dukungan.

Pasangan HEBAT mendatangi kantor KPU Maluku di jalan Sultan Hasanudin sekitar pukul 16.00 WIT sambil diarak sekitar 1.000 masa pendukungnya.

Mereka tiba di Kantor KPU Maluku saat KPU sedang menerima berkas pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun.

Sempat menunggu sekitar dua jam lamanya di lantai satu kantor KPU Maluku, pasangan ini akhirnya mendaftar setelah pasangan petahana meninggalkan aula Gedung KPU Maluku tempat berlangsungnya proses pendaftaran.

Meski tidak membawa syarat minimal dukungan, KPU tetap membuka ruang bagi pasangan ini untuk mendaftar sambil menunggu perbaikan berkas dukungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pasangan HEBAT harus memasukan dukungan tambahan sebanyak 102.918 KTP dukungan atau dua kali lipat dari kekurangan jumlah syarat dukungan sebanyak 51.409.

“Dokumen BA8 ada tapi tidak memenuhi persyaratan, jadi harus dimasukkan lagi tambahan dua kali lipat kekurangan sebanyak 51.410 dukungan yang jumlahnya adalah 102.920 dukungan,” kata Komisioner KPU Maluku La Alwi saat memeriksa berkas pencalonan pasangan HEBAT.

Sesuai ketentuan yang berlaku, pasangan HEBAT sudah harus memasukan syarat dukungan tambahan itu pada 18-20 Januari mendatang.

Bakal calon Gubernur Maluku Herman Koedoeboen mengaku optimistis dia dan Abdullah Vanath dapat lolos sebagai peserta di Pilkada Maluku.

Dia mengatakan waktu perbaikan berkas dukungan masih sangat jauh sehingga pihaknya akan segera memasukkan perbaikan dukungan yang diminta KPU.

“Nanti lihat saja pada waktunya. Nanti kalian (waratwan) bisa tahu di sini,” kata dia.

Juru bicara pasangan HEBAT Nahwan Matdoan mengaku pihaknya telah menyiapkan tambahan sayarat dukungan untuk melengkapi berkas pencalonan.

“Kita sudah siapkan semua. Soal ada yang ragu itu urusan mereka. Yang jelas kita akan menyerahkan dokumen perbaikan syarat dukungan ke KPU,” kata dia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com