Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Bantah Gabung PDI-P Dukung Ganjar-Taj Yasin di Pilkada Jateng

Kompas.com - 09/01/2018, 21:36 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - DPD Golkar Jawa Tengah menepis kabar telah sepakat dengan koalisi PDI-P untuk mendukung pasangan Ganjar-Yasin di Pilkada Jateng.

Ketua Harian DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono mengatakan, partainya belum sepakat menentukan arah koalisi di Pilkada Jateng. "Golkar masih belum menentukan arah dukungan," ujar Iqbal, Selasa (9/1/2018).

PDI-P sebelumnya memasang logo Golkar saat deklarasi pasangan Ganjar-Yasin. Bahkan ketua DPD PDI-P terang-terangan menyebut Golkar sudah mendukung secara lisan. Namun belum tuntas di tataran administrasi.

Namun sebenarnya, hingga kini Iqbal mengaku, Golkar belum menentukan arah koalisi. Klaim dukungan biasa terjadi di dunia politik. Tapi, jika DPP Golkar memutuskan, maka daerah akan ikut menyukseskan paslon yang diusung.

(Baca juga : PKB Resmi Dukung Sudirman Said dan Ida Fauziah di Pilkada Jateng )

"Prinsipnya apapun keputusan DPP Partai Golkar kita tegak lurus untuk mengawalnya. Paling bersok malam sudah jelas dan pasti. Ini masih menunggu keputusan DPP," paparnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI-P Jateng, Bambang Wuryanto menyatakan, partai Golkar sudah sepakat berkoalisi mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin di Pilkada Jateng.

Kesepakatan dukungan terjadi di tingkat wilayah, namun masih terkendala proses administratif.

"Golkar ada kendala teknis belum bisa bergabung. Tapi by lisan sudah, mendukung pasangan calon Ganjar-Gus Yasin," kata Bambang.

Hal itu dikuatkan Ganjar Pranowo. Menurut dia, perwakilan Golkar sudah ikut dalam koalisi. Mereka juga datang ke kantor KPU.

Sama halnya dengan Bambang, Ganjar mengaku masalah administrasi masih belum tuntas. Namun perwakilan Golkar tidak ikut dalam konferensi pers seusai pendaftaran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com