Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya PKS Merapat ke Gus Ipul di Pilkada Jatim

Kompas.com - 09/01/2018, 21:05 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya benar-benar meninggalkan koalisi poros tengah di Pilkada Jatim. Partai ini merapat ke bacagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Dukungan politik untuk Gus Ipul dibacakan Ketua DPW PKS Jatim, Arif Hari Setiawan di kantor DPW PKS Jatim Surabaya, Selasa (9/1/2018) malam. Acara pembacaan dukungan dihadiri langsung oleh Gus Ipul.

"Dukungan ini sebelumnya melalui proses yang panjang, jauh sebelum Gus Ipul berproses dengan partai lain," kata Arif.

Dukungan kepada Gus Ipul, sambung Arif, juga berdasarkan arahan para kyai di Jatim, sesama penganut paham Ahlisunnah Waljamaah (Aswaja) dalam rangka mencintai NKRI.

(Baca juga : Koalisi Poros Tengah Pilkada Jatim Terancam Bubar )

Pihaknya mengaku sudah menempuh pembahasan panjang dalam konteks pembangunan Jatim ke depan bersama Gus Ipul.

"PKS bersama Gus Ipul bersepakat menyelenggarakan penerintahan yang bersih dan transparan dan peningkatan capaian indikator kinerja utama pemerintahan," ucapnya.

Surat dukungan politik PKS Jatim itu, Rabu besok akan diserahkan kepada DPP PKS untuk dimintakan surat rekomendasi dukungan. "Besok saya langsung terbang ke Jakarta untuk meminta rekomendasi, karena ini waktunya sudah mepet," jelasnya.

Merapatnya PKS disambut baik Gus Ipul. Bagi dia, PKS adalah teman setia. Karena pada 2 kali pilkada sebelumnya, saat Gus Ipul masih maju bersama Soekarwo sebagai calon wakil gubernur Jatim, PKS juga masuk dalam barisan partai pendukung dan pengusung Gus Ipul.

Merapatnya PKS menambah dukungan partai politik pendukung Gus Ipul di Pilkada Jatim. Sebelumnya, Gus Ipul hanya didukung PKB dan PDI-P. Di DPRD Jatim, PKS memiliki 6 kursi parlemen. 

Kompas TV Suhu politik Jawa Timur memanas jelang masa pendaftaran cagub dan cawagub Pilkada Jatim.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com