Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Segera Daftar Pak Sudirman...

Kompas.com - 09/01/2018, 20:21 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap calon lawannya, Sudirman Said, segera mendaftarkan diri ke KPU Jateng.

"Pesan Pak Sudirman, segera mendaftar keburu besok ditutup," canda Ganjar seusai mendaftar ke KPU Jateng, Selasa (9/1/2018).

Ganjar mendaftar bersama politisi muda PPP, Taj Yasin, yang mengenakan sarung dan berpeci. Keduanya pun dinyatakan sah telah mendaftar pada hari kedua sebagai bakal calon.

Rabu esok merupakan hari terakhir pendaftaran. KPU membuka batas waktu hingga pukul 24.00 WIB.

Ganjar berharap sebelum waktu ditutup, mantan Menteri ESDM menuntaskan siapa pasangannya, dan segera mendaftar ke KPU.

KPU menerima konfirmasi bahwa Sudirman dan pasangannya akan mendaftar di KPU pada Rabu (10/1/2018) pagi esok. Sudirman mendaftar tepat pada hari akhir pendaftaran pencalonan.

"Informasinya daftar besok pagi. Habis daftar sekalian deklarasi," kata komisioner KPU Jateng, Muslim Aisha, di kantornya, Selasa (9/1/2018).

Baca juga: Sejumlah Bupati dan Wali Kota Antar Ganjar-Yasin Daftar di KPU Jateng

Sudirman bakal mendaftar berpasangan dengan kader perempuan PKB, Ida Fauziah. Pasangan calon itu baru dideklarasikan hari ini di kantor DPP PKB di Jakarta.

Dengan dukungan PKB 13 kursi di DPRD Jateng, dukungan untuk Sudirman Said kini menjadi 42 kursi. Sebelumnya, gabungan kursi Gerindra, PAN, dan PKS mempunyai 29 kursi di DPRD Jateng.

Baca juga: Duet dengan Ida Fauziah, Sudirman Said Janjikan Pemerintahan Jateng yang Bersih

Sementara pasangan Ganjar-Yasin didukung 48 kursi dari empat parpol koalisi dari PDI-P, Nasdem, PPP, dan Demokrat. Hanya Golkar (10) kursi yang secara resmi belum menentukan arah koalisi.

Kompas TV Sebelum PKB, Sudirman diusung Gerindra-PKS-PAN.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com