Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Bupati dan Wali Kota Antar Ganjar-Yasin Daftar di KPU Jateng

Kompas.com - 09/01/2018, 16:07 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin, mendaftar ke KPU Jateng, Selasa (9/1/2018) siang ini.

Pendaftaran paslon koalisi lintas partai itu tidak hanya diikuti tim sukses dan relawan, tetapi juga para bupati dan wali kota.

Pantauan Kompas.com di kantor KPU Jateng Selasa sore ini, para bupati dan wali kota di Jateng turut hadir. Sebagian mereka menggunakan identitas partai masing-masing, sisanya memilih pakaian biasa.

Para bupati dan wali kota berbaur dengan tim sukses dan relawan calon. Mereka antara lain Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan wakilnya, Hevearita G Rayahu; Bupati Grobogan Sri Sumarni; Bupati Purbalingga Tasdi; Bupati Kudus Musthofa, dan; Bupati Jepara Ahmad Marzuki.

Ada juga Bupati Rembang Abdul Hafiz, Wakil Bupati Brebes Narjo. Sejumlah anggota dewan DPRD Jateng dan kabupaten/kota dari partai pendukung juga terlihat ikut duduk di belakang kursi di kantor KPU.

Masing-masing ketua partai pengusung juga ikut menghantarkan. Mereka antara lain Ketua DPD PDI-P Bambang Wuryanto, Ketua Demokrat Jateng Rinto Basuki, Ketua DPW PPP Masrukan Syamsuri, Ketua DPW Nasdem Setyo Maharso.

Baca juga : Pakai Sarung, Gus Yasin Dampingi Ganjar Daftar di KPU Jateng

Rombongan paslon Ganjar-Taj Yasin tiba di KPU sekitar pukul 15.20 WIB. Pendaftaran molor lebih dari satu jam dari rencana sekitar pukul 14.00 WIB.

Pendaftaran diterima langsung oleh ketua KPU Jateng Joko Purnomo.

Kepada paslon, Joko meminta tim menyiapkan proses administrasi pendaftaran. Ia juga minta perwakilan partai untuk ikut proses verifikasi.

"Kami minta tiga syarat, pertama dokumen pencalonan, dokumen syarat calon," papar Joko.

Pendaftaran paslon Ganjar Yasin diwarnai pemandangan cukup menarik. Ganjar mendaftar mengenakan kemeja batik merah motif hitam, namun Taj Yasin memilih menggunakan seragam santri. Ia memakai kemeja putih, berpeci dan mengenakan sarung.

Baca juga : PDI-P: PKB Putus Komunikasi untuk Dukung Ganjar di Pilkada Jateng

Sebelum mendaftar, keduanya menunaikan salat zuhur terlebih dulu di masjid di kompleks DPD PDI-P. Taj Yasin bertindak sebagai imam, sementara Ganjar, tim sukses dan relawan sebagai makmum.

Selesai shalat, mereka menggelar pertemuan singkat dilanjut kegiatan konferensi pers. Setelah itu, pasangan diarak dengan menaiki andong dari kantor DPD PDI-P menuju kantor gubernur Jateng.

Dari lokasi itu, paslon menemui 3.000 relawan yang menampilkan kesenian nusantara. Di Jalan Pahlawan hingga Jalan Veteran atau di kantor KPU, paslon dan rombongan memilih berjalan kaki hingga tiba KPU sekitar pukul 15.20 WIB.

Kompas TV Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak ambil pusing soal penundaan rekomendasi dari DPP PDI-P untuk maju di Pilkada Serentak tahun ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com