Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa Rendam Kolaka - Kompas.com

Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa Rendam Kolaka

Kontributor Kolaka, Suparman Sultan
Kompas.com - 08/01/2018, 20:03 WIB
Warga Desa Koneha mencoba menyelamatkan harta benda mereka dari rendaman banjir.KOMPAS.com/Suparman Sultan Warga Desa Koneha mencoba menyelamatkan harta benda mereka dari rendaman banjir.

KOLAKA, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara mengakibatkan banjir setinggi pinggang orang dewasa di Desa Koneha, Kecamatan Tanggetada.

Banjir yang terjadi Senin (8/1/2018) siang, memaksa ratusan warga desa tersebut mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

"Air terus masuk di dalam rumah jadi sebagian besar warga ke kampung sebelah. Hanya sedikit saja yang tinggal karena mau angkat barang sebelum terendam semua," kata Jaja, warga desa setempat.

Jaja menjelaskan, ada sekitar 30 rumah warga yang terendam. Banjir berasal dari luapan sungai. 

"Ketinggian air sudah sampai pinggang orang dewasa. Tapi masih ada ji barang-barang warga yang bisa diselamatkan. Kalau korban jiwa tidak ada ji cuma kerugian materil saja," tambahnya.

(Baca juga : Kisah Pengungsi Banjir Aceh Utara, Melawan Dingin di Meunasah)

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pencegahan Bencana Alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka, Bustam menjelaskan, kuat dugaan luapan air sungai di Desa Koneha disebabkan sempitnya daerah aliran sungai di desa itu.

"Kalau kata warga luapan sungai, itu bisa saja terjadi karena sungai yang ada di daerah itu di DAS bagian atas sudah lebar, namun di DAS bagian bawah masih sempit. DAS bawah sudah kami rencana programkan, namun masih ada sejumlah pemilik tambak yang belum mau tambaknya terkena DAS," tuturnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya bersama tim SAR sudah menuju lokasi banjir untuk melakukan penanganan darurat. 

Selain merendam rumah warga, areal tambak, dan perkebunan, persawahan juga ikut terendam. Kerugian material ditaksir ratusan juta rupiah.

Kompas TV Selain tingginya curah hujan, banjir juga dipicu luapan Sungai Kerto yang mengalami pendangkalan.

 

 

PenulisKontributor Kolaka, Suparman Sultan
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM