Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakde Karwo: Kasihan Gus Ipul dan Mas Anas

Kompas.com - 08/01/2018, 19:42 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo atau Pakde Karwo mengaku prihatin dengan kasus yang menimpa pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Pasangan yang diusung PKB dan PDI Perjuangan itu pecah mejelang masa pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anas yang sebelumnya mendampingi Gus Ipul sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur mundur dari pencalonan setelah foto panas yang mirip dirinya beredar.

"Saya prihatin sebagai teman kepada Gus Ipul yang mendadak. Kasihan juga kepada Mas Anas, yang tabah saja. Itu bagian dalam kehidupan. Jadi saya kira prihatin, itu sebagai teman," katanya di gedung DPRD Kota Batu, Senin (8/1/2018).

(Baca juga : Azwar Anas: Saya Tidak Ingin Menjadi Beban... )

Hal ini merupakan masa yang sulit bagi Gus Ipul. Sebab di detik-detik akhir pendaftaran, Gus Ipul harus mencari pengganti Anas yang akan maju mendampingi dirinya dalam Pilkada Jawa Timur.

"Saya kepada Gus Ipul kasihan, waktu mepet ini mundur. Kepada Mas Anas dihadapi dengan tenang dan sabar," jelasnya.

Pendukung kubu Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak mengatakan, kejadian yang menimpa pasangan Gus Ipul-Anas tidak ada kaitannya dengan tim pemenangan Pilkada.

"Tidak ada hubungannya dengan tim pemenangan. Ini urusan kemanusian yang adil dan beradab," bebernya.

Kompas TV Bagi Anas, perlakuan terhadap dirinya sudah kerap ia terima.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com