Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkiraan Wilayah Basis Massa Pemilih RK-Uu pada Pilkada Jawa Barat

Kompas.com - 08/01/2018, 14:05 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, yang diusung PKB, NasDem, PPP, dan Hanura diyakini memiliki basis massa pemilih yang kuat hampir di semua wilayah Jawa Barat, kecuali kawasan pantura.

"Dari hasil mapping, hampir di semua wilayah Jawa Barat RK unggul," klaim Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustofa, saat mengantar pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut, Rudy Gunawan, ke KPU Garut, Senin (8/1/2018).

Menurut Saan, pasangan RK-Uu mempunyai basis massa di kawasan selatan Jawa Barat dan Priangan karena ada Uu Ruzhanul Ulum yang saat ini menjadi Bupati Tasikmalaya.

Saat ini, tugas besar yang harus dilakukan untuk memperkuat dukungan suara adalah ke kawasan utara Jawa Barat mulai dari Cirebon. Cara yang akan dilakukan adalah dengan menggenjot mesin partai NasDem dan PKB yang cukup kuat di utara.

"Kami juga arahkan RK dan Uu untuk sering ke utara untuk bertemu masyarakat," kata dia.

Baca juga: Nasdem Berharap Ridwan-Uu Bisa Naikkan Elektabilitas Jokowi di Jabar

Selain ke utara, menurut Saan, Uu yang kuat di selatan juga harus makin memperkuat basis massanya di selatan. Sementara RK akan memperkuat basis massanya di kawasan Bandung Raya, utara Jawa Barat, serta kalangan generasi milenial.

"Basis dukungan RK di generasi milenial, mereka harus didorong untuk mau datang ke TPS," jelas Saan.

Pasangan RK-Uu sendiri, menurut Saan, rencananya akan mendaftarkan diri ke KPU Jawa Barat pada Selasa (9/1/2018) bersama para pengurus partai pengusung lainnya. (*)

Kompas TV Hingga hari pendaftaran, ada empat bakal calon yang akan ikut Pilgub di Jabar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com