Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jateng 2018, Demokrat Solo Siap Menangkan Cagub yang Diusung DPP

Kompas.com - 05/01/2018, 23:21 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Partai Demokrat Kota Solo, Jawa Tengah, masih menunggu hasil keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait calon gubernur yang akan didukung pada Pilkada Jateng 2018.

"Satu atau dua hari ini sudah ada keputusan, perintah otomatis. Kami konsolidasi sudah siap. Sudah kami solidkan di internal, tinggal perintah dari DPD Provinsi Jateng yang juga sudah ke Jakarta (DPP)," ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Kota Solo, Supriyanto, kepada Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/1/2018).

"Jadi, kalau enggak hari ini (Jumat), ya besok (Sabtu) sudah ada keputusan dari DPP khusus untuk calon gubernur. Untuk dukungan, mendukung atau mengusung nanti," tambah Supriyanto.

Terkait pembentukan poros tengah pada Pilkada Jateng yang dilakukan antara Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar, Supriyanto menyatakan, belum sepenuhnya final. Sebab, lanjut dia, masih menunggu keputusan pusat.

"Ya, itu pembentukan poros tengah muncul Pak Gatot (Nurmantyo). Tapi, belum ada keputusan dari DPP," jelas dia.

Baca juga: Golkar, Demokrat, dan PPP Bentuk Poros Baru Hadapi Pilkada Jateng

Karena belum ada keputusan, kata Supriyanto, Partai Demokrat juga belum memikirkan koalisi dengan partai mana dalam Pilkada Jateng 2018. Namun, pihaknya mengaku siap memenangkan siapa pun calon gubernur Jateng akan diusung oleh DPP.

"Kami sudah memberikan penegasan ke tingkat ranting, siapa pun nanti calonnya yang diusung pusat, kami siap untuk memenangkannya," beber Supriyanto.

Kompas TV Pengamat politik Universitas Diponegoro Jawa Tengah, Muhammad Yulianto meyakini jika dalam Pilkada Jateng akan muncul tiga bakal calon gubernur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com