Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Ipul: Azwar Anas Mendadak Ingin Mundur dari Cawagub Jatim

Kompas.com - 05/01/2018, 05:07 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Suhu politik Jawa Timur memanas dua hari jelang masa pendaftaran cagub dan cawagub Pilkada Jatim.

Abdullah Azwar Anas, bakal calon wakil gubernur Jatim pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul), tiba-tiba ingin mundur dari pentas Pilkada Jatim.

Keinginan Bupati Banyuwangi itu dibenarkan Gus Ipul, Kamis (4/1/2018) malam. Wakil Gubernur Jatim itu mengakui telah dihubungi Azwar Anas, yang menyampaikan niatnya untuk mundur dari posisi wakil Gus Ipul.

"Saya sempat kaget, saya juga dapat informasi dari partai pengusung soal rencana mundurnya Azwar Anas," kata Gus Ipul.

Sayangnya, Gus Ipul tidak menjelaskan penyebab rencana mundurnya Azwar Anas.

"Nanti biar Mas Anas saja yang langsung menjelaskan. Saya juga belum tahu, rencananya dia ingin menyampaikan langsung kepada saya penyebabnya," ujar Gus Ipul.

Baca juga: Tinggalkan Gerindra dan PAN, PKS Dukung Gus Ipul-Azwar Anas di Pilkada Jatim

Yang pasti saat ini tim dan partai pengusung sedang merumuskan langkah politik ke depan jika Azwar Anas benar-benar akan mengundurkan diri.

Bagi Gus Ipul, dinamika politik yang dialaminya saat ini merupakan hal biasa dalam dunia politik.

"Last minutes dalam dunia politik selalu banyak kejutan. Ini hal biasa bagi saya," ujarnya.

Dalam jadwal yang disusun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Minggu (7/1/2018) adalah hari pertama masa pendaftaran pasangan calon Pilkada Jatim.

Masa kampanye akan dimulai pada 15 Februari 2018 dan masa tenang dan pembersihan alat peraga akan dimulai pada 24 Juni 2018.

Baca juga: Dapat Anugerah dari Presiden, Azwar Anas Sebut Tambahan Modal Kampanye

Adapun pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018 akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018, sedangkan rekapitulasi akan dilaksanakan pada 28 Juni 2018.

Kompas TV Kabar miring kini menerpa pasangan bakal Calon Gubernur Syaifullah Yusuf-Azwar Anas. Belakangan Azwar Anas dikabarkan mundur dari pencalonan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com