Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung PDI-P, JWW-HMS Sebut Itu sebagai Doa Masyarakat Papua

Kompas.com - 04/01/2018, 20:15 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com — Calon gubernur Papua, John Wempi Wetipo (JWW), mengungkapkan, dukungan PDI-P yang diberikan kepadanya dan Habel Melkias Suwae (HMS) sebagai calon wakil gubernur Papua pada Pilkada 2018 adalah doa dari masyarakat Papua.

Hal itu dia sampaikan melalui sambungan telepon seusai Ketua DPP Partai PDI-P Megawati Soekarnoputri mengumumkan bahwa PDI-P mengusung JWW-HMS sebagai pasangan cagub dan cawagub Papua di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Bupati Jayawijaya ini mengatakan, seusai menerima rekomendasi dari PDI-P, dia bersama HMS akan mendaftarkan diri ke kantor KPU Papua. PDI-P berkoalisi dengan Partai Gerindra, PBB, dan Perindo dengan jumlah 13 kursi di DPR Papua dari 56 kursi.

JWW dan HMS berencana bertolak langsung ke Kota Jayapura, Papua, Jumat (5/1/2018), guna memantapkan tim koalisi sekaligus deklarasi pada Senin (8/1/2018) di Lapangan Pendidikan Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Selanjutnya, mereka akan mendaftar pada Rabu (10/1/2018) ke kantor KPU Provinsi Papua di Kota Jayapura.

JWW dan HMS mengungkapkan terima kasih kepada Megawati Soekarnoputri dan para pengusung yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk maju pada Pilkada Papua 2018.

“Saya bersama HMS memiliki komitmen untuk membangun Papua dengan konsep 'Papua Cerdas', yang sudah kami kampanyekan selama kurun waktu dua tahun ini bersama tim relawan,” paparnya.

Baca juga: Irjen Paulus Waterpauw Batal Ikut Pilkada Papua

Setelah ini, JWW berharap tim relawan semakin mengampanyekan dirinya bersama HMS melalui pemikiran, ide, dan gagasan yang telah dibuat melalui visi dan misi “Papua Cerdas”.

“Mulai dari konsep pembangunan dimulai dari lima wilayah adat, pembangunan pendidikan, peningkatan sektor perekonomian, dan juga memproteksi masyarakat asli Papua agar mampu bersaing di dunia pekerjaan. Saya harap kita menghindari benturan dengan tim pasangan lainnya, membuat isu SARA, yang menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarakat. Kita harus ciptakan pilkada damai, aman, dan bermartabat,” ujarnya.

PDI-P melalui Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018), mengumumkan dukungan kepada John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae dalam Pilkada 2018.

Alasan dukungan itu adalah JWW dan HMS memiliki reputasi yang baik, yaitu JWW bersih dan mendapat penghargaan sebagai bupati terbaik dalam LHKPN dari KPK tahun 2016. Selain itu, JWW juga mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai bupati yang memiliki rapor tertinggi dalam penilaian laporan keuangan daerah.

Sementara itu, PDI-P merestui mantan Bupati Jayapura dua periode, Habel Melkias Suwae, sebagai calon wakil gubernur mendampingi JWW. HMS yang berlatar belakang guru ini dikenal sebagai Bapak Pemberdayaan Masyarakat melalui program PPDK di Kabupaten Jayapura, hingga akhirnya mengantarkannya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura dan Bupati Jayapura selama dua periode.

Kompas TV Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengumumkan cagub/cawagub untuk Pilgub Papua 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com