Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pengungsi Gunung Agung Akan Dipulangkan

Kompas.com - 04/01/2018, 19:44 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Ribuan pengungsi Gunung Agung akan segera dipulangkan, menyusul keputusan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan radius bahaya Gunung Agung pada Kamis (4/1/2018).

Sebelumnya, zona bahaya Gunung Agung berada pada radius 8-10 kilometer. Kemudian diturunkan menjadi radius 6 kilometer.

"Ribuan masyarakat yang mengungsi yang berasal dari desa yang aman boleh pulang ke rumahnya masing-masing," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran persnya, Kamis sore.

Berdasarkan analisis peta kawasan rawan bencana, terdapat 12 desa yang berada di dalam radius 6 kilometer dari puncak kawah.

(Baca juga : PVMBG Turunkan Radius Bahaya Gunung Agung Menjadi 6 Kilometer )

12 desa tersebut yaitu Nawakerti, Jungutan, Buana Giri, Sebudi, Besakih, Dayah, Pempatan, Tulamben, Dukuh, Kubu, Baturinggit, dan Ban. Dari 12 desa tersebut terdapat 7 desa yang ada penduduknya dan 5 desa yang tidak ada penduduknya.

Saat ini jumlah pengungsi Gunung Agung sekitar 70.000 warga. Sedangkan jumlah penduduk dari desa yang masuk zona bahaya diperkirakan 17.115 jiwa.

"Saat ini sebagian pengungsi telah kembali ke rumahnya masing-masing setelah mendapat informasi desanya aman," pungkasnya.

Kompas TV Sejumlah wilayah terkena hujan abu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com