Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revitalisasi Pedestarian, Pemkot Bogor Siapkan Anggaran Miliaran Rupiah

Kompas.com - 04/01/2018, 12:23 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan anggaran miliran rupiah di awal tahun 2018 untuk merevitalisasi pedestrian di sejumlah titik di Kota Bogor dan rencana pembangunan jalan layang di Jalan RE Martadinata.

Rencananya, titik-titik pedestrian yang bakal dibenahi oleh Pemkot Bogor adalah pedestrian di Jalan Otto Iskandardinata (Otista), di Jalan Suryakencana, dan sebagian pedestrian di Jalan Sudirman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor Chusnul Rozaqi mengatakan, anggaran revitalisasi pedestrian pun sudah disiapkan.

Chusnul menyebut, revitalisasi di Jalan Surya Kencana menghabiskan anggaran sekitar Rp 15 miliar, pedestrian di Jalan Otista sekitar Rp 2 miliar, dan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman sekitar Rp 2 miliar.

"Tahun ini kami akan fokus merevitalisasi pedestrian di beberapa titik. Ini juga sekaligus untuk mewujudkan Kota Bogor sebagai kota ramah pejalan kaki (walkable city)," kata Chusnul, Kamis (4/1/2018).

Sedangkan untuk rencana pembangunan jalan fly over di Jalan RE Martadinata, sambung Chusnul, masih ada beberapa kendala. Di antaranya masih ada kekurangan lahan untuk kepentingan pelebaran jalan sesuai dengan desain dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga : Kini, Ada 6.000 Meter Pedestrian Jalan di Semarang

Dirinya menambahkan, setelah proses pembebasan lahan selesai, akan langsung dilakukan lelang, sebab pengerjaan fly over akan dilakukan di tahun ini.

“Akan dilakukan pembebasan lahan dengan anggaran Rp 14 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018, sedangkan untuk pekerjaan fisik dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV dengan anggaran senilai Rp 92 miliar,” ucap dia.

Kompas TV Selain itu, pedestrian ini juga dilengkapi dengan kran air siap minum yang tersedia di empat titik.  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com