Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said: Nama 6 Calon Pendamping Bukan Datang dari Saya

Kompas.com - 03/01/2018, 17:23 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Bakal calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said telah mengumumkan enam nama calon pendampingnya di Pilkada Jateng 2018. Nama-nama yang diumumkannya tersebut, murni usulan dari tokoh masyarakat.

“Nama-nama itu dimunculkan oleh para pemuka (tokoh) masyarakat, bukan datang dari saya,” ujar Sudirman, seusai mengisi acara di Undip Semarang, Rabu (3/1/2017).

Menurut Pak Dirman, sapaan akrabnya, enam nama yang telah diumumkannya di Jakarta Selasa kemarin adalah nama yang mempunyai integritas. Dia pun siap bekerjasama dengan salah satu nama yang telah disebutnya.

Namun pihaknya hingga kini belum menentukan siapa pendampingnya. Berulangkali ditanya wartawan, Sudirman tetap belum bersedia menjawab.

“Belum. Dalam waktu dekat ini. Semua (kandidat) punya plus-minus. Saya tidak bisa mengatakan disini,” tambah pria yang diusung Gerindra, PKS, dan PAN ini.

(Baca juga : Rustriningsih Diajukan sebagai Pendamping Sudirman Said di Pilkada Jateng )

Pihaknya, sambung dia, telah menetapkan sejumlah kriteria calon pendampingnya. Ia ingin wakilnya mempunyai integritas yang baik, tidak berkhianat pada rakyat, mempunyai kapabilitas yang baik, dan kecocokan dengan dirinya.

Selain itu, bakal calon pendampingnya harus mempunyai visi, tata nilai yang baik, serta idealisme.

“Ini proses masih panjang. Sebelum mendaftar, pertama harus menemukan pendamping, lalu mendaftar, diverifikasi, calon resmi, baru mengajak kandidat menyampaikan komitmen. Saya datang kesini dengan semangat merajuk kemajemukan mendorong persatuan,” paparnya.

Enam nama calon pendampingnya yaitu Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah Yusuf Chudlori, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, Putra KH Maimoen Zubair, Gus Yasin, Gus (Majid) Kamil, Gus (Abdul) Ghofur.

Nama lainnya yaitu kader Golkar Arianti Dewi. Khusus Arianti, Sudirman ingin memastikan langkah politik Golkar ke depan dalam Pilkada Jawa Tengah. 

Kompas TV PPP bersama Demokrat dan Golkar digadang - gadang akan jadi parpol pengusung Gatot
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com