Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jabar, Golkar dan Demokrat Sepakat Usung Dua "DM"

Kompas.com - 29/12/2017, 13:58 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi mengatakan, Koalisi Sajajar yang dihuni Partai Golkar dan Partai Demokrat sepakat mengusung Duo DM (Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar) sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jabar 2018.

“Progressnya kita sudah menandatangani kesepakatan bersama antara DPD I Golkar Jawa Barat dan DPD Demokrat Jawa Barat, tentu sama-sama mengusung satu pasangan calon yaitu dua DM,” ujar Dedi saat ditemui di Hotel Aston, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jumat (29/12/2017).

Namun, sambung Dedi, posisi calon gubernur dan walon wakil gubernur dari dua DM masih dalam tahap negosiasi. Pasalnya, masing-masing DM memiliki poin yang cukup baik.

Dedi Mulyadi adalah ketua parpol dengan elektabilitas tertinggi ketiga di Jabar. Sementara Deddy Mizwar merupakan wakil gubernur Jabar yang memiliki tingkat elektabilitas nomor tinggi kedua setelah Ridwan Kamil.

(Baca juga : Dedi Mulyadi: Kemunculan Dua DM Merupakan Takdir Tuhan)

“Sampai hari ini kita tidak mau melakukan perdebatan tentang posisi,” tuturnya.

Dedi menambahkan, kedua parpol sebenarnya sudah menemui kesepahaman sementara terkait posisi bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Namun hal tersebut belum bisa dipublikasikan sebelum ada persetujuan dari tingkat pusat.

“Kesepahaman ada, tapi kita belum membuat dalam bentuk tertulis. Kalau bentuk tertulis harus kesepakatan partai-partai. Saya ini kan bukan hanya posisi saya sebagai pribadi, tapi posisi saya sebagai institusi. Kalau institusi, maka harus ada kajian dan pembicaraan lebih lanjut,” ujarnya.

Dedi menilai, yang paling penting saat ini adalah membangun chemistry antara dirinya dengan Deddy Mizwar sebagai calon pasangannya.

“Saya dan Pak Demiz sudah saling memahami. Setelah itu nanti partai yang harus saling memahami. Kan kedua-duanya bukan hanya pribadinya, tapi mewakili institusi kepartaian,” tandasnya. 

Kompas TV Golkar Usung Dedi Mulyadi & Deddy Mizwar di Pilkada 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com