Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Asal Swedia Hilang Saat Menyelam di Perairan Komodo

Kompas.com - 29/12/2017, 11:58 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Patrice Cyrille Marie Worth (76), wisatawan asal Swedia, hilang saat menyelam di sekitar Pulau Mawan, Perairan Taman Nasional Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono mengatakan, saat hilang, Patrice sedang menyelam bersama 17 orang teman-temannya.

"Mereka menumpang Kapal Motor Ombak Biru 219 GT yang dinahkodai Kasim Tukloy alias ayah dan didampingi 15 orang anak buah kapal (ABK)," kata Julisa kepada Kompas.com, Jumat (29/12/2017).

Namun ketika melakukan penyelaman, Patrice tidak juga keluar dari dalam laut sehingga mereka akhirnya melaporkan kejadian itu kepada polisi.

(Baca juga : Mencari Ikan di Sungai, 3 Anak di Ponorogo Ditemukan Tewas Tenggelam )

"Saat ini telah dilakukan pencarian bersama tim gabungan dari Polair Baharkam, Basarnas, Polairda NTT, KP3 Labuan Bajo, Personel Taman Nasional Komodo, BIN, Syahbandar, Perwakilan Agen dan TNI AL, namun belum juga ditemukan," ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono mengatakan, Patrice hilang saat sedang menyelam di dekat Pulau Mawan.

"Wisatawan itu hilang sejak Rabu (27/12/2017) kemarin sekitar pukul 15.30 Wita. Dia (Patrice) menyelam pada pukul 15.00 Wita dan dinyatakan hilang pada pukul 15.30 Wita," kata Edi kepada Kompas.com, Kamis (28/12/2017) malam.

Menurut Edi, wisatawan itu hilang di Perairan Taman Nasional Pulau Komodo atau pada posisi koordinat 08.33.533 S-119.38.170 E.

"Awalnya kita mendapat laporan dari polisi, sehingga kita langsung bergerak melakukan pencarian sejak kemarin sore hingga malam," ucap Edi.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan upaya pencarian di dekat lokasi hilangnya wisatawan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com